PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS WEB QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA SMAS ISTIQLAL DELITUA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2703Keywords:
Kemampuan Berpikir Komputasional, Teams Games Tournament (TGT), Web QuizizzAbstract
Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Istiqlal Delitua tahun ajaran 2025/2026 yang terdiri dari empat kelas. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah kelas X-1 sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian yang mengacu pada indikator kemampuan berpikir komputasional dengan indikator dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan berpikir algoritma. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari pre-test sebesar 48,06 dengan kategori sangat rendah menjadi 75,25 pada post-test dengan kategori sedang. Uji hipotesis dengan regresi linear sederhana menghasilkan nilai signifikansi 0,001<0,05 dan nilai R square sebesar 0,736 atau 73,6% pada kategori tinggi yang menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT berbasis web quizizz berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran teams games tournament berbasis web quizizz terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa.
Downloads
References
Dian M, 2020, Aspek-Aspek Kemampuan Berpikir Komputasional Dalam Penyelesaian Masalah Matematika: Widya Warta. No. 02 Tahun XLIV. ISSN 0854-1981https://mii.fmipa.ugm.ac.id/pentingnya-menuntut-ilmu-active-recall/
Indrawan, B., & Kaniawati Dewi, R. (2020). Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk Periode 2013-2017. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(1), 78–87. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i1.239
Kresnadi, H., Vilda, D. A., Ghasya, & Pranata, R. (2022). Analisis Kemampuan Computational Thinking Berdasarkan Tahap Generalisasi Pola dan Desain Algoritma Siswa di Kelas III SDN 03 Toho. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(8.5.2017), 2003–2005. https://ejurnal.stkip- pessel.ac.id/index.php/jmp/article/view/1311
Lestari, N. I., Razak, A., Lufri, L., Zulyusri, Z., & Arsih, F. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(1), 17–30. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v8i1.12917
Lestari, S., & Roesdiana, L. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 178–188. https://doi.org/10.32938/jpm.v4i2.3592
Loupatty, F. D., & Saragih, M. J. (2021). Pemanfaatan Media Quizizz Pada Latihan Soal Untuk Mendorong Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring [the Utilization of Quizizz Media in Problems To Improve Students’ Learning Activeness in Online Learning]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(2), 260. https://doi.org/10.19166/johme.v5i2.2841
Manasikana, A., Af’ida, A., Mayasari, A., Siswanto, E., 2022, Model Pembelajaran Inovatif Dan Rancangan Pembelajaran Untuk Guru IPA SMP, Jawa Timur: LPPM UNHASY Tebuireng Jombang
M Teguh Saefuddin1, Tia Norma Wulan2, S. dan D. E. J., & 1, 2, 3, 4Universitas Sultan Ageung Tirtayasa. (2023). 1 . Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif Dan Kualitatif Pada Metode Penelitian, 2(6), 784–808.
Montolalu, E. J. C, Chriestie & Langi, A. R, Yohanes 2018, Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test), Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sam Ratulangi Manado, Jurnal Matematika dan Aplikasi, https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/decartesian




