ETNOMATEMATIKA SEBAGAI ALTERNATIF MEMBANGUN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI ORNAMEN SITUS PRASASTI GEGER HANJUANG
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2697Keywords:
Bangun Datar, Berpikir Kreatif, Etnomatematika, Situs Prasasti Geger HanjuangAbstract
Tujuan dari studi ini adalah untuk menyelidiki penerapan etnomatematika yang berfokus pada ornamen Situs Prasasti Geger Hanjuang sebagai pilihan pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan cara mengumpulkan data melalui tinjauan pustaka, pengamatan, dan pengumpulan dokumen. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa kelas IX MTsN 8 Tasikmalaya yang dibagi menjadi lima kelompok. Studi ini mengindikasikan bahwa pembelajaran matematika yang terhubung dengan konteks budaya dapat memperbaiki empat elemen berpikir kreatif siswa, yaitu kelancaran, fleksibilitas, orisinalitas, dan pemecahan masalah. Melalui pendekatan ini, konsep matematika dapat dipahami siswa secara lebih bermakna dan memunculkan berbagai strategi penyelesaian masalah. Dengan demikian, etnomatematika dapat menjadi pendekatan inovatif yang tidak hanya memperkuat pemahaman konsep matematika, tetapi juga melestarikan nilai budaya lokal.




