PENGARUH IKLIM BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR

Authors

  • Lin Suciani Astuti Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
  • Munasiah Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
  • Risma Nurul Auliya Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2692

Keywords:

hasil belajar, iklim belajar, kalkulus

Abstract

Penelitian ini ingin mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara iklim belajar dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus, serta seberapa besar pengaruh iklim belajar terhadap hasil belajar. Pendekatan yang diterapkan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunkan metode analasis korelasi Pearson atau Product Moment dan dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0.907, koefisien korelasi menunjukkan nilai positif, hal ini menunjukan terdapat hubungan yang searah antara iklim belajar dengan hasil belajar mahasiswa. Angka tersebut dikategorikan bahwa hubungan antara kedua variabel sangat kuat. Dari analisis regresi didapatkan nilai R square sebesar 0.822, koefisien determinasi sebesar 82,2%, artinya hasil belajar mahasiswa dipengaruhi oleh iklim belajar di kelas sebesar 82,2% dan sisanya (17,8%) dipengaruhi factor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-10-30