PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS EDUCATION (STEM) DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN JATIMULYO 01 SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2024-2025
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2689Keywords:
Hasil Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika, Science Technology Engineering And Mathematics Education (STEM)Downloads
References
Apriyani, R., & Sulistyaningsih, D. (2023). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 11(1), 45-58.
Astuti, P., Hartono, Y., & Bunayani, S. (2021). Analisis pembelajaran matematika berbasis STEM pada pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 181-194.
Fauji, A., & Lestari, H. P. (2021). Analisis kendala implementasi pembelajaran STEM di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 159-173.
Mardiana, S., & Purwanto, A. (2023). Korelasi kemampuan pemecahan masalah matematis dengan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseptual, 7(1), 246-258.
Nugraha, D. A., & Widiastuti, F. (2021). Transformasi sikap siswa sekolah dasar terhadap pembelajaran matematika melalui pendekatan STEM. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(2), 212-225.
Nurfitriyanti, M., Kusumaningrum, B., & Supriani, Y. (2022). Pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 93-104.
Pratiwi, E. W., & Hussain, R. M. (2022). Implementasi pembelajaran kolaboratif berbasis STEM pada mata pelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 8(1), 67-78.
Rahmawati, S., & Utami, L. S. (2021). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(2), 114-126.
Sukmana, R. W. (2020). Pendekatan STEM sebagai upaya peningkatan literasi matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1267-1278.
Wijaya, A. D., Karmila, N., & Amalia, R. (2020). Efektivitas model pembelajaran STEM pada mata pelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 681-689.




