PENINGKATAN KETERLIBATAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NURUL JADID MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ

Authors

  • Muhibbul Iqrom Universitas Nurul Jadid, Indonesia
  • Puji Rahayu Universitas Nurul Jadid, Indonesia
  • Moh.Syadidul Itqon Universitas Nurul Jadid, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2688

Keywords:

Discovery Learning, hasil belajar, keterlibatan siswa, Quizizz

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Nurul Jadid melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Quizizz. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya partisipasi aktif siswa serta kurang optimalnya pemahaman konsep dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasdanrefleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Nurul Jadid tahun pelajaran 2025/2026. Data dikumpulkan melalui observasi keterlibatan siswa, tes hasil belajar, serta angket respon siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterlibatan siswa dari siklus I ke siklus II, ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan dalam bertanya, menjawab, berdiskusi, dan menyelesaikan soal melalui Quizizz. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan, baik dari segi rata-rata nilai maupun jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning berbantuan media Quizizz efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Nurul Jadid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed.). New York: McGraw-Hill.

Arikunto, S. (2019). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bruner, J. S. (1961). The act of discovery. Harvard Educational Review, 31(1), 21–32.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Hosnan. (2016). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner. Victoria: Deakin University Press.

Mulyasa, E. (2013). Praktik penelitian tindakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir. (2017). Pembelajaran digital. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sani, R. A. (2019). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2018). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Bandung: Alfabeta.

Yuliana, D., & Wibowo, E. (2021). Penggunaan media Quizizz dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, 2(3), 145–153.

Zainuddin, Z., & Keumala, C. M. (2018). The use of gamified e-quizzes in blended learning: Students’ views on Quizizz as an online assessment tool. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 13(7), 240–256.

Downloads

Published

2025-10-30