PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN APLIKASI DESMOS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 2 TANJUNG MORAWA

Authors

  • Muhammad Rizki Syahputra Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia
  • Afnaria Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia
  • Metrilitna Br. Sembiring Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2684

Keywords:

aplikasi Desmos, guided inquiry, hasil belajar, matematika, sistem pertidaksamaan linear dua variabel

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tanjung Morawa tahun ajaran 2024/2025 dengan populasi 288 siswa kelas X. Sampel penelitian sebanyak 72 siswa dipilih secara acak, terdiri dari 36 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dalam bentuk isian singkat dan uraian, dianalisis menggunakan software Jamovi. Hasil analisis memperlihatkan bahwa rata-rata nilai siswa kelas eksperimen sebesar 78,9, lebih tinggi daripada kelas kontrol sebesar 64,0. Berdasarkan uji Mann-Whitney, diperoleh nilai signifikansi p = 0,004 (p < 0,05) dengan effect size r sebesar 0,392 dan kontribusi pengaruh 15,37%. Dengan demikian, model pembelajaran guided inquiry berbantuan aplikasi Desmos memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (Eds.). (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Longman.

Anggraini, Y. D. (2020). Modul Pembelajaran SMA Umum Kelas X. Kendari : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti, Ed.; 3rd ed.). Jakarta : Bumi Aksara. https://ipusnas2.perpusnas.go.id/book/326052fa-4d93-4321-bf78-79461663cfef

Brookhart, S. M. (2013). How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. ASCD.

Desmos user guided. (2008). How to use Desmos for interactive mathematics learning. Retrieved December 14, 2024, from https://www.desmos.com

Dimyati, & Mudijono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, S. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Erviana, T., Murdiyanto, T., Haeruman, L. D., & Universitas Negeri Jakarta. (2024). Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Berbasis Desmos Activity Builder dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII di SMP Negeri 43 Jakarta, 8, 70-79.

Fatonah, A. N. (2009). Pentingnya Pendidikan Bagi Kita. Kenanga Pustaka Indonesia. https://ipusnas2.perpusnas.go.id/book/da3baa1e-c07c-4575-8373-81c0a1983a4b/789493d9-4f7c-48d1-ad32-e2c120461f68.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gomes, L. V. A., Kumalasari, D. P., Listyowati, M. E., & Kristianto, Y. D. (2023). Pengembangan Serangkaian Aktivitas Pembelajaran Desmos pada Topik Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2023.

Downloads

Published

2025-10-30