PENGEMBANGAN WEB AJAR BERBASIS STEM BERBANTUAN GOOGLE SITES UNTUK MELATIH KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2678Keywords:
ADDIE, Computational Thinking, Google Sites, Pengembangan Web Ajar, STEMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan mengevaluasi efektivitas web ajar berbasis STEM dengan bantuan Google Sites dalam melatih kemampuan Computational Thinking peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, pretest, dan posttest dengan menggunakan instrumen lembar wawancara, angket kelayakan ahli, angket respons peserta didik, serta tes Computational Thinking. Subjek penelitian terdiri dari dua ahli materi, dua ahli media, dan peserta didik kelas VII A SMP Yayasan 17 Sukakarsa. Produk yang dihasilkan berupa web ajar yang dapat diakses melalui smartphone. Hasil validasi menunjukkan bahwa media sangat layak digunakan dan memperoleh respons sangat positif dari peserta didik. Uji efektivitas menunjukkan peningkatan kemampuan Computational Thinking dengan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,78 yang termasuk dalam kategori “tinggi”.




