PENERAPAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKSPONEN

Authors

  • Jauharotul Maknunah Universitas Nurul Jadid Probolinggo, Indonesia
  • Shofia Hidayah Universitas Nurul Jadid Probolinggo, Indonesia
  • Eko Sunaryadi MA Nurul Jadid, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2676

Keywords:

eksponen, hasil belajar, matematika, Snowball Throwing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi eksponen melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing di kelas X REG 2 MA Nurul Jadid tahun pelajaran 2025/2026. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dari 39,88% pada pra siklus menjadi 79,61% pada siklus I, dengan ketuntasan belajar meningkat dari 1 siswa menjadi 31 siswa (77,5%). Dengan demikian, model Snowball Throwing efektif meningkatkan hasil belajar matematika pada materi eksponen.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-10-30