PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM CENTERED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP SWASTA NURUL HASANAH
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2675Keywords:
Berpikir Kreatif, Pengembangan Modul, Problem Centered LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan berpikir kreatif terhadap Modul Matematika dengan pendekatan Problem Centered Learning pada siswa kelas VIII SMP Swasta Nurul Hasanah. Modul yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan yang meliputi pendefenisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate) namun penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Modul yang telah dibuat memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator yang ditunjukkan dengan menggunakan lembar validasi ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli media mecapai rata-rata 3,3 dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi ahli materi mencapai rata-rata 3,3 dengan kategori valid. Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif sebesar 81,79 dengan katagori sangat efektif. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sestelah menggunakan Modul dengan pendekatan Problem Centered Learning layal digunakan
Downloads
References
Ahmad Patoni Dinamika Pendidikan Anak, (Jakarta. 2004).
Ahmad Shohibul Wafa. (2008). Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Centered Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, (UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta).
Asep. (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika. Yogyakarta: Multi Presindo.
Candince L. Ridlon. (2009) Learning Mathematics via a Problem-Centered Approach: A TwoYear Study, (University of Maryland Eastern Shore).
Cece, Wijaya. (2007). Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Departemen Pendidikan Nasional, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMP & MT, (Jakarta. 2003).
Erman Suherman, dkk. (2006). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, (FMIPA UPI, Bandung: 2006).
Muhammad Nadeem Anwar dkk “Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School Students” International Interdisciplinary Journal of Education, Vol. 1, No 3. April 2012
Novi Marliani, Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), dari situs http:// journal.Ippmunindra.ac.id.




