EFEKTIVITAS MEDIA KEYBOARD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN SISWA KELAS 1 SD 1 GULANG

Authors

  • Melda Puspita Sari Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Rusmalinda Gustia Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Wasis Wijayanto Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2673

Keywords:

keterampilan berhitung, keyboard, matematika, paired, penjumlahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media keyboard dalam pembelajaran matematika terhadap peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan siswa kelas I SD Negeri 1 Gulang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif paired sample t-test dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas I. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berhitung penjumlahan. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari pretest sebesar 66,11% ke posttest sebesar 87,22%. Data berdistribusi normal dengan nilai signifikansi pretest 0,057 dan posttest 0,619. Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang berarti terdapat perbedaan signifikan. Nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,5608 termasuk dalam kategori sedang. Media keyboard yang digunakan untuk menyampaikan lagu-lagu berhitung mampu meningkatkan minat dan pemahaman serta kemampuan berhitung siswa pada materi penjumlahan. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media musik digital sebagai alternatif pembelajaran yang menarik di kelas awal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-10-30