EFEKTIVITAS MEDIA KEYBOARD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN SISWA KELAS 1 SD 1 GULANG
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2673Keywords:
keterampilan berhitung, keyboard, matematika, paired, penjumlahanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media keyboard dalam pembelajaran matematika terhadap peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan siswa kelas I SD Negeri 1 Gulang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif paired sample t-test dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas I. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berhitung penjumlahan. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari pretest sebesar 66,11% ke posttest sebesar 87,22%. Data berdistribusi normal dengan nilai signifikansi pretest 0,057 dan posttest 0,619. Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang berarti terdapat perbedaan signifikan. Nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,5608 termasuk dalam kategori sedang. Media keyboard yang digunakan untuk menyampaikan lagu-lagu berhitung mampu meningkatkan minat dan pemahaman serta kemampuan berhitung siswa pada materi penjumlahan. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media musik digital sebagai alternatif pembelajaran yang menarik di kelas awal.




