ANALISIS KUALITATIF KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGUASAI STATISTIKA LANJUT BERDASARKAN HASIL TES MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2672Keywords:
analisis kualitatif, hasil tes mahasiswa, kesulitan belajar, statistik lanjutAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai kesulitan yang dialami mahasiswa dalam memahami mata kuliah statistika lanjut dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang didasarkan pada hasil tes mahasiswa. Subjek penelitian terdiri atas mahasiswa program studi Teknik Informatika yang telah menyelesaikan mata kuliah tersebut. Data penelitian diperoleh melalui hasil tes tertulis serta analisis terhadap kesalahan jawaban mahasiswa. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menghadapi hambatan pada tiga aspek utama, yaitu: (1) pemahaman terhadap konsep dasar statistika, (2) keterampilan prosedural dalam melakukan perhitungan statistika, dan (3) kemampuan dalam menafsirkan hasil analisis. Temuan ini mengindikasikan pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang berfokus pada penguatan konsep serta pengembangan kemampuan berpikir kritis agar mahasiswa dapat menguasai materi statistika lanjut dengan lebih menyeluruh.
Downloads
References
Kumalasari, E. (2016) “Analisis faktor kesulitan terhadap kesalahan penyelesaian soal persamaan linier berdasarkan klasifikasi Taksonomi Bloom (Studi kasus terhadap mahasiswa Teknik Informatika 2015/2016),” Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 2(2), pp. 113–122.
Moleong, Lexy J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: ALFABETA, CV.
Sumargiyani and Nafi, B. (2020) “Analisis kesulitas mahasiswa dalam menyelesaikan soal kalkulus diferensial,” Prisma, 3, pp. 591–598.
Syah, Muhibin. 2013. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT REMAJA ROSDAYA




