PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMAS AL-WASHLIYAH 1 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2667Keywords:
Problem based learning (PBL), Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kritis, Fungsi EksponenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem based learning dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fungsi eksponen di kelas X SMAS Al-Washliyah 1 Medan. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pelajaran matematika mendasari dilakukannya penelitian ini, sebagaimana terlihat dari hasil observasi di lapangan dan skor rendah siswa pada tes awal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang sangat positif dan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan model Problem based learning dengan pendekatan kontekstual. Terlihat dari peningkatan nilai rata-rata pretest sebesar 57,22 menjadi 78,54 pada posttest yang dinilai berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis Facione. Pada hasil uji paired sample t-test juga menunjukkan kemampuan berpikir kritis meningkat secara signifikan yang tergambar dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Selain itu, siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran Problem based learning, terbukti dari hasil angket respon siswa dengan jumlah skor rata-rata 3,6667 yang termasuk dalam kategori “Sangat Positif”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Problem based learning dengan pendekatan kontekstual berpengaruh sangat positif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fungsi eksponen
Downloads
References
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Ardiawan, M. K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini: PT Rajagrafindo Persada.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Endayani, H. (2023). Bahan Ajar Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem based learning). Medan: Repository UINSU.
Facione, P. (1994). Holistic Critical Thinking Scoring Rubric. California: California Academia Press.
Hanum, S. A., Asrizal, & Festiyed. 2021. Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar IPA Bermuatan Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP/MTs. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 125–137. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.
Hrp, N. A., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. 2020. Analisis Model-model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1–27. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Mashudi, & Azzahro, F. (2020). Contextual Teaching And Learning. Bandung: LP3DI PRESS.
Nabila, I. Y., & Suryanti. 2024. Pengaruh Model Problem based learning Berbantuan Media Diorama terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(05), 941–952. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Nuryana, A., Hernawan, A., & Hambali, A. 2021. Perbedaan Pendekatan Kontekstual Dengan Pendekatan Tradisional Dan Penerapannya Di Kelas (Analisis Pendekatan Pembelajaran PAI). Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 39–49. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati
Puput, Bakar, M. T., & Sari, D. P. 2023. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Gender Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 3(2). Padang: Universitas Negeri Padang.
Rambe, I. H., Sembiring, M. B., & Octariani, D. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(1), 36–41. Medan: Universitas Negeri Medan.
Rachman, A. T., Samsudin, A., & Mariam, S. N. (2023). Penerapan Model Problem based learning Untuk Mengetahui Gambaran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Sebelas April Elementary …, 2(1), 18–25.
Rosalina, L., Oktarina, R., Rahmiati, & Saputra, I. (2023). Buku Ajar Statistika. Padang: CV. Muharika Rumah Ilmiah.
Sawaludin, Hasanah, S. U., Vestia, E., Achmad, A. B., Firdausiyah, L., Udin, T., Pramana, I. B. B. S. A., Suhartatik, Fitri, D. M., & Nuraeni, T. (2022). Metode Dan Model Pembelajaran. Bandung: Yayasan Hamjah Diha.
Sembiring, M., & Siregar, R. 2020. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Berbantukan Model Problem based learning. Journal of Mathematics Education and Applied, 1(2), 46–56. Medan: Universitas Negeri Medan.
Sudrajat, A., & Hernawati, E. (2020). Modul Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan Dan Keagamaan Kementerian Agama RI.
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, CV.
Yasha, A. 2023. Penerapan pendekatan kontekstual dengan pembelajaran yang efektif. Jurnal Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.




