PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA UISU MEDAN

Authors

  • Rizky Ananda Hasibuan Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia
  • Syahlan Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2665

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Modul, Problem Based Learning, 4-D

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada guru untuk mengola pembelajaran dikelas dengan melibatkan masalah kontekstual. Penelitian yang dilakukan berdasarkan hasil observasi dan wawancara dilakukan dalam proses belajar mengajar bahan ajar yang digunakan guru hanya buku paket dari penerbit erlangga serta metode yang digunakan hanya metode ceramah. Akibatnya siswa mengalami kejenuhan dalam belajar dan kurang aktif. Buku paket tersebut belum memberikan kesempatan siswa untuk lebih mengembangkan dan memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah kontekstual. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan Canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMA UISU Medan. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah pengembangan Thiagarajan 4-D yaitu: Define (pendefinisian), Design (desain), Development (pengembangan) dan Dessiminate (penyebarluaskan). Populasi pada penelitian ini berada kelas X 2 dengan jumlah 31 Siswa. Berdasarkan hasil validasi oleh 6 orang validator dengan cara mengisi angket penilaian dengan skor rata-rata 4,39 berada pada kategori sangat baik. Hasil uji kepraktisan diperoleh melalui angket respon siswa dengan skor rata-rata 84,48 berada kategori baik. Hasil uji keefektifan diperoleh melalui tes hasil belajar siswa dengan skor rata-rata 80,6% berada kriteria baik, serta kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan rata-rata N-Gain 0,70 berada pada kriteria tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an, Surat Al-Mujadilah Ayat 11 & Surah Al Kahfi Ayat 66

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaraan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada DepdiknaS. (2003). Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2003, tentang sistem

Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Facione P. A. (2015). Critical Thinking: What it is and why it counts. Measured Reasons and the California Academic Press, Millbrae, CA.

Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Universitas Hamzanwadi Press.

Hasratuddin. 2018. Mengapa Harus Belajar Matematika. Medan: Perc. EDIRA

Heru Kurniawan, and Teguh Wibowo. 2023. Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning Dalam Bentuk Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis.” JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)9(2):293–304.

Johnson, Elaine B. 2009. Contextual teaching and learning: menjadikan kegiatan belajar mengajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Mizan Laerning Center.

Jensen, Eric. 2011. Brain-Based Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. . 2011. Pemelajaran Berbasis Otak: Paradigma Pengajaran Baru. Jakarta: Indeks.

Kemendikbud RI. (2021). Program Sekolah Penggerak 2021. Kemendikbud. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/wp- content/uploads/2021/02/Paparan-Program-SekolahPenggerak.pdf

Maulida, U. (2022). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM

MERDEKA Utami Maulida. 5(2), 130–138.

Masrurotulaily, M., Hobri, H., & Suharto, S. (2013). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matemtika, 2(2), 242-254.

Rodiawati, Heni, and Komarudin Komarudin. 2018. Pengembangan E-Learning Melalui Modul Interaktif Berbasis Learning Content Development Sistem. Jurnal Tatsqif.

Rusman.2010. odMel Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers, hal. 132- 133, 201,224

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran. Bandung: Alfabet

Sudarman. 2005. Problem Based Learning Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah.Samarinda: FKIP Universitas Mulawarman Samarinda.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahlan, Hamzah Sa’ban. 2020. Analisis Higher Oder Thinking Skill Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Materi Geometri. Medan: Vol.7.No. 2.

Syahlan, 2022. Evaluasi Pembelajaran Matematika: Berbasis Capaian Pembelajaran Lulusan. Sastra UISU Press, Medan.

Thiagarajan, S. Semmel, D. S & Semmel, M.I. 1974. InStructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University

Wade, C. 1995. Using Writing to Develop and Assess critical Thinking. Teaching of Psychology, 22(1), 2- 28.

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen.

Bandung:PT.Remaja Rosdakarya

Wolcott dan Lych. 1997. Critical Thinking In The Accounting Classroom: A Reflective Judgment Developmental Process Perspective. Accounting Education.

Downloads

Published

2025-10-30