PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DI SMA NEGERI 2 TANJUNG MORAWA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2663Keywords:
Discovery Learning, Literasi Matematika, LKPD, Model PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbasis LKPD. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain one-group pretest-posttest yaitu, pretest yang dilakukan sebelum diberi perlakuan dan posttest yang dilakukan setelah diberi perlakuan untuk setiap seri pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa mengalami peningkatan. Pada pre test, persentase ketuntasan belajar mencapai rata-rata pada setiap indikator yaitu 1,9 dengan persentase 63%. Pada post test meningkat menjadi 2,4 dengan persentase 80%. Peningkatan kemampuan literasi matematika peserta didik dapat ditinjau dari skor N-Gain pada hasil Pretest 0,23 dengan kriteria rendah dan Postest dengan N-Gain 0,53 dengan kriteria sedang.




