ANALISIS RESILIENSI TERHADAP KECEMASAN MATEMATIS PADA SISWA SMK SABILILLAH
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2650Keywords:
Kecemasan Matematis, Resiliensi, Strategi SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi resiliensi yang digunakan siswa dalam menghadapi kecemasan matematis. Kecemasan matematis sering menjadi hambatan dalam proses pembelajaran, memengaruhi motivasi, dan hasil belajar. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan pengerjaan soal matematika terhadap empat siswa kelas XI SMK Sabilillah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi resiliensi yang digunakan siswa meliputi mencari bantuan teman atau guru, belajar kelompok, menggunakan metode permainan, menyiapkan perlengkapan belajar sejak awal, serta berusaha mengerjakan soal meski ragu. Strategi ini menunjukkan kemampuan siswa dalam mengelola tekanan, meningkatkan rasa percaya diri, dan mengembangkan sikap positif terhadap pembelajaran matematika.