PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATA KULIAH KALKULUS INTEGRAL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI

Authors

  • Relawati Universtas Batanghari Jambi, Indonesia
  • Amir Syarifuddin Universitas Jambi, Indonesia
  • Dedi Arfan MAN 2 Kota Jambi, Indonesia
  • Supriyati Universtas Batanghari Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2648

Keywords:

inkuiri, kalkulus integral dan model pembelajaran, Lembar kerja peserta didik (LKPD)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yang ada di lokasi penelitian.  Berdasarkan hasil observasi awal di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNBARI ditemukan Jika diamati lebih lanjut, selama proses perkuliahan ditemukan gejala yang kurang mendukung bagi pembelajaran yang kondusif. Gejala-gejala tersebut antara lain mahasiswa kurang memaksimalkan kemampuan berfikir tingkat tingginya, dan kurang melakukan kolaborasi.Mengacu pada tujuan  penelitian yang telah dikemukakan , maka jenis penelitian yang di gunakan adalah jenis penelitian pengembangan (research and  development ). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation).Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD Kalkulus Integral berbasis model pembelajaran Inkuiri yang dikembangkan untuk perkuliahaan Kalkulus Integral sudah sangat valid, baik dari segi isi dan konstruk, Praktis dan Efektif dan buku kerja sudah sesuai dengan capaian pembelajaran dan silabus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dachi, F. A., & Perdana, D. N. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Pada Siswa Kelas XI Busana SMK Negeri 6 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika Ekasakti, 1(1), 38–48.

Fayrus Abadi Slamet. 2022. Model Penelitian Pengembangan RnD. Malang: Institut Agama Islam Sunan Kalijogo.

Gunardi.2020. Inquiry Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. SHEs: Conference Series 3, 4(1), 2288–2294.

Kurniawan, A. 2022. METODE PEMBELAJARAN DALAM STUDENT CENTERED LEARNING (SCL). Wiyata Bestari Samasta.

Mardiani, Ayu. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Daring Method Menggunakan Google Form Pada Pembelajaran PPKN di SD 114 Pematang Sialang Muaro Jambi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Mawardi, & eka Pratiwi, D. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry dan DiscoveryLearning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Basicedu, 4(2), 288–294.

Ningsih, F., & Deswita, R. 2023. Developing an e-Module on Blended Learning-based Calculus Courses. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 429-440.

Pribadi, Y. T., Sholeh, D. A., & Auliaty, Y. 2021. Pengembangan E-Lkpd Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas Iv Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 264–279. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116

Downloads

Published

2025-10-11

Issue

Section

Articles