PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMPIT ASY-SYIFA BENER MERIAH
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2646Keywords:
Pemahaman Konsep, Pembelajaran Kooperatif, Problem Based LearningAbstract
Pemahaman konsep matematika merupakan aspek fundamental dalam pembelajaran yang menentukan kemampuan siswa untuk mengaitkan ide-ide matematis secara mendalam. Namun, banyak siswa SMPIT Asy-Syifa Bener Meriah masih mengalami kesulitan dalam membangun pemahaman konseptual, khususnya pada materi aljabar dan geometri. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas pembelajaran kooperatif dan Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain komparatif, melibatkan dua kelompok di kelas VIII SMPIT Asy-Syifa Bener Meriah yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes pemahaman konsep, dan dokumentasi perangkat pembelajaran, kemudian dianalisis secara tematik dengan teknik triangulasi untuk menjamin keabsahan temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif mendorong peningkatan pemahaman instrumental melalui interaksi kelompok dan latihan prosedural, sedangkan PBL lebih efektif dalam mengembangkan pemahaman relasional melalui pemecahan masalah kontekstual. Perbedaan peningkatan skor rata-rata tes juga memperlihatkan bahwa kelas PBL memperoleh capaian lebih tinggi dibandingkan kelas kooperatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kedua strategi memiliki keunggulan masing-masing, namun PBL lebih unggul dalam membangun pemahaman konseptual siswa. Hasil ini memberikan implikasi praktis bagi guru untuk mengombinasikan kedua strategi secara adaptif agar pembelajaran matematika lebih seimbang antara keterampilan prosedural dan konseptual.
Downloads
References
Ahmad Alwi, Athifa Radella tabina, Nurul Azmi Aziz, Rihla Azmira, Rizka Julia Putri, M. Ridho Lubis, & Syahfitri hairani nasution. (2023). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Pemahaman, Keterampilan Sosial, DanMotivasi Belajar Siswa. Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 1(2), 1–6.
ArFashihah , Bambang Eko Susilo , Puput Relitasari, Vena Agustinaticle, O. A. (2025). Integrasi Masalah Kontekstual Melalui Vidio proyek untuk meningkatkan Berfikir
Geometris dalam kalkulus. 5(July), 961–977.
Arwasih, A., Mulyasari, E., Hendriawan, D., Bait, E. H., & Nurhayati, N. (2025). Analisis Komparatif Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, dan Alur Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka dengan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Kurikulum 2013. Kalam
Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v13i1.97155
Fatimah, S., Rakhmawati, F., & Kamalia, L. N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(4).
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Husna, R. A., & Za, A. H. (2025). Systematic Literature Review: Peran Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menengah Pertam. 2(2).
Isnaini1, Fatrima Santri Syafri2, B. D. W. (2025). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah. 6(2).
Jurnal, S., Ilmu, R., Budaya, B., Firdaus, A. H., Medistya, Y., & Lestari, T. P. (2025). Tinjauan Kritis Tentang Efektivitas Ekspository Learning dalam Pembelajaran digunakan hingga saat ini karena kemampuannya dalam menyampaikan materi secara langsung Definisi dan Karakteristik Ekspository Learning Hasan et al . ( 2025 ) menjelaskan bahwa ek. 3.
Kusasih, I. H., Satria, D., & Gusmanel. (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(02), 562–568. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/download/344/364/1063
McComas, W. F. (2014). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). The Language of Science Education, 108–108. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_97
Nirmaisi Sinaga, M., Siringo Ringo, S., & Ceria Netrallia, M. (2024). Teori Belajar Sebagai Landasan Bagi Pengembangan Teknologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 9–19. https://doi.org/10.59818/jpi.v4i2.646
Pusvita Kartikasari, C., Hunafa, U., Herdiana Altaftazani, D., Subang Bandung, J. V, Siliwangi, I., & Terusan Jendral Sudirman Cimahi, J. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Sd Kelas V. Journal of Elementary Education, 02(03), 1–8.
Siregar, E. B., Hidayah, N., Karo, B., Samosir, D., Rajagukguk, W., & Medan, U. N. (2024). Kualitas Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(2), 34–50.
Susanti, W., & Sudiansyah, S. (2024). Meningkatkan Pemahaman Konseptual Dan Keterampilan Prosedural Matematika Melalui Pendekatan Diferensiasi Berbantuan Lkpd Terstruktur. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 61–70. https://doi.org/10.46368/kjpm.v4i2.2336
Wahyu Purwandari, Ika Nur Safitri, & Maulidiya Mutiara Karimah. (2024). Eksplorasi Hakekat Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyahdalam Konteks Kurikulum Merdeka. Indonesian Research Journal on Education, 4, 1045–1060. https://irje.org/index.php/irje