PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX MTS NEGERI 1 DELI SERDANG
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2500Keywords:
Kemampuan Berpikir Kritis, kooperatif, Problem PosingAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX MTs Negeri 1 Deli Serdang. Model pembelajaran Problem Posing diterapkan pada kelompok eksperimen sedangkan kelas kontrol menggunakan kelompok konvesional. Penelitian ini mengunakan metode quasi – eksperimen dengan desain pretest – posstest. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan signifikasi dalam kemampuan berpikir kritis deibandingkan kelas kontrol. Penggunaan model pembelajaran Problem Posing efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, khususnya pada materi bilangan berpangkat. Penelitian ini dapat menjadi acuan dalam pengembangan metode pembelajaran untuk meningkatkan kualits pendidikan, khususnya dalam matematika. Adapun hasil uji N – gain memperoleh nilai peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 0,91 dan pada kelas kontrol terdapat 0,40 memperoleh nilai sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pembelajaran yang menggunakan problem posing dengan pembelajaran yang menggunakan konvesional terhadap kemampuan berpikir kritis.
Downloads
References
Angriana, Dina. 2017. Pengaruh Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 46 Palembang. Skripsi pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang: tidak di terbitkan
Asfar, A.M. dan Syarif Nur. (2018). Model Pembelajaran Problem Posing dan Sloving : Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah”. Jawa Barat: CV Jejak.
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. RepositoryUNNES,35(1),61-70.
Hasanah, E. N. & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Pada Materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel (SPLSV), 8 (1) , 313- 317.
Susanto, Ahmad. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.
Wulandari, M., & Safaatullah, M. F. (2019). Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas X Ditinjau dari Gaya Kognitif Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education, 8(3).