TANTANGAN DAN PELUANG PENERAPAN CHATGPT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Aisah Nuramin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rikayanti Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2463

Keywords:

ChatGPT, Pembelajaran Matematika, Media Berbasis Teknologi Informasi

Abstract

ChatGPT memiliki potensi besar dalam mendukung pembelajaran matematika, terutama di era digital yang menuntut integrasi teknologi dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam penerapan ChatGPT pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan ada studi literatur dengan tahapan memilih topik, mencari literatur, menganalisis dan menyintesis literatur, dan menulis kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ChatGPT dalam pembelajaran matematika menghadapi beberapa tantangan, seperti ketergantungan siswa terhadap teknologi, kurangnya literasi matematika dalam memahami dan menyusun pertanyaan, serta potensi plagiarisme. Selain itu, keterbatasan akurasi dalam menyelesaikan soal matematika yang kompleks dan kendala teknis dalam akses terhadap teknologi menjadi hambatan yang perlu diperhatikan. Namun, di sisi lain, penerapan ChatGPT juga membuka peluang dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika. ChatGPT dapat membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik, meningkatkan motivasi belajar, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, komunikasi, dan kolaborasi. Selain itu, ChatGPT berpotensi mendukung guru dalam memberikan umpan balik yang lebih efektif dan dalam merancang pembelajaran yang lebih adaptif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles