Efektivitas Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Barisan dan Deret

Authors

  • Mohammad Kholil IAIN Jember
  • Olvi Safianti IAIN Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v2i2.246

Keywords:

pembelajaran penemuan terbimbing, hasil belajar, barisan dan deret

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa materi barisan dan deret. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember, teknik samplingnya adalah purposive sampling dan sampelnya siswa kelas XI A dan XI B. Metode pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara dan observasi, dan analisis datanya menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji T terhadap pre-test kelas eksperimen dan kontrol diperoleh >  artinya  ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil uji T terhadap post-test kelas eksperimen dan kontrol diperoleh  = 2,485 >  = 2,052  artinya  ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, terdapat pengaruh pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa materi barisan dan deret.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J. W. (2012). Educational research?: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research - 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc.

Heruman. (2009). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kholil, M. (2015). PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. FENOMENA, 14(2).

Kholil, M.-. (2018). Buku Ajar: Statistika Pendidikan dengan Bantuan SPSS. Jember: FTIK IAIN Jember.

Muhsetyo, G., dkk. (2013). Pembelajaran Matematika SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Nuryadi, dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Pendidikan. Jogjakarta: Sibuku Media.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprihatin, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Grup.

Winarsunu, T. (2017). Statistik dalam penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.

Zarkasyi, W. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Downloads

Published

2019-11-25

Issue

Section

Articles