Peningkatan Prestasi Belajar dengan Pembelajaran Talking Stick dan Media Tangram
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v2i2.245Keywords:
talking stick, tangram, segiempat, prestasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran talking stick dengan menggunakan media tangram yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi segiempat pada siswa kelas VIIF SMP Budi Mulia Pakisaji, Malang, Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan sumber data adalah siswa kelas VIIF sebanyak 28 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes tulis, dan dokumentasi. Analisis data meliputi pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pembelajaran dengan model talking stick dan media tangram yang dapat meningkatkan prestasi belajar dilaksanakan dengan langkah-langkah; guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang heterogen, menjelaskan materi menggunakan media tangram, guru meminta setiap kelompok berdiskusi menyelesaikan Lembar kerja kelompok, guru meminta perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi, guru menyiapkan tongkat/stick dan menjelaskan menjelaskan langkah-langkah dan aturan talking stick, guru memutar musik dan memberikan tongkat kepada salah satu siswa, kemudian tongkat dijalankan secara estafet, saat musik berhenti, siswa yang memegang tongkat harus menjawab soal, jika jawaban siswa benar, maka siswa akan mendapat hadiah, diakhir pelajaran guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Hasil pembelajaran dengan model talking stick dan media tangram menunjukkan peningkatan dari tahap pratindakan ke siklus 1 sebesar 27,97%, sedangkan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 11,78%.
Downloads
References
Fataturrohmah, A., Masykur, R., & Suherman. (2017). Pengaruh Model Cinta Berbantu Media Tangram. In Seminar Nasionall Matematika dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung.
Hadi, A. M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Geometri Di Kelas Iii Sekolah Dasar Negeri 2 Kota Bima. Aksioma, 8(1), 41–49.
Kemendikbud. (2013). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Retrieved from https://urip.files.wordpress.com/2013/06/06-b-salinan-lampiran-permendikbud-no-68-tahun-2013-ttg-kurikulum-SMP-mts.pdf
Kusuma, A. I., & Irawati, S. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Permainan “Hunting Treasure” Pada Materi Himpunan Untuk Siswa Kelas Bilingual VII-A di SMP Negeri 16 Malang, 1–7.
Putra, F. W., & Wijiastuti, A. (2013). Model Pembelajaran Langsung Bermedia Tangram Terhadap Hasil Belajar Geometri Pada Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–7.
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, 3(1), 73–82.
Suprijono, A. (2011). Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.