PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD 1 KALIREJO

Authors

  • Cheppy Fadella Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Much Arsyad Fardani Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Sudjadi SD 1 Kalirejo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2413

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Problem Based Learning, Wordwall

Abstract

 

Penelitian ini  bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD 1 Kalirejo. Latar belakang penetian ini berawal dari permaslahaan rendahnya hasil belajar Matematika kelas III SD 1 Kalirejo. Berdasarkan hasil pengambilan data hasil belajar Pra siklus yang menggunakan motode ceramah peserta didik hanya mencapai ketuntasan 8%. Setelah menggunakan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode penelitian tindakan kelas mengguankan media pembelajaran power point dan wordwall, hasil belajar peserta didik kelas III mulai mengalami peningkatan.  Dari siklus 1, menunjukkan hasil peningkatan belajar peserta didik mengalami peningkatan dari prosentase ketuntasan 8% menjadi 58%. Pada penerapan siklus 2, hasil peserta didik mengalami peningkatan pesat dari siklus 1 yaitu 79%. Hal ini menandakan bahwa melalui Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) hasil belajar peserta didik kelas III SD 1 Kalirejo dengan menggunakan metode penlitian tindakan kelas sudah efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bp, A, Rahman, Munandar S. A., Fitria, A., Karlina Y dan Yumriani. 2022. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Dalam Jurnal: Al Urwatul Wutsqa, Kajian Pendidikan Islam, 2 (1).

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2022. Pisa 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Purba, R., Taufik, M., dan Jamaludin. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Liveworksheet Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Dalam Jurnal: Ilmiah Pendidikan Dasar, 7 (2).

Surya, Yenni Fitra. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Base Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kbaupaten Kempar. Dalam Jurnal Cendekia Pendidikan Matematika, 1 (1).

Utami S., Mansur, H., dan Qomario. 2024. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD”. Dalam Jurnal: Education Research, 5 (4).

Wawancara. 2025. In Deep Interview SD 1 Kalirejo. Kudus: tanggal 17-19 Februari 2025.

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles