PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA BAAMBOOZLE DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII B MTs. MA’ARIF AMBULU
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2412Keywords:
Problem Based Learning (PBL), media baamboozle, hasil belajarAbstract
Dalam Penerapan adalah proses atau tindakan mengimplementasikan teori, konsep, atau rencana dalam situasi nyata. Dalam konteks penelitian tindakan kelas, penerapan merujuk pada pelaksanaan strategi atau intervensi yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah penelitian tentang peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada sistem persamaan linear dua variabel dengan berbantuan media baamboozle melalui penerapan metode Problem Based Learning (PBL) di MTs Ma’arif Ambulu. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 28 siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sedangkan analisis data menggunakan persentase ketuntasan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh hasil pada siklus I 78% atau 22 siswa yang tuntas dikarenakan hasil tidak mencapai kriteria ketuntasan maka dilaksanakan siklus II yang diperoleh hasil 92% atau 26 siswa yang tuntas. Maka proses penelitian dihentikan pada siklus II dikarenakan hasil belajar siswa meningkat.
Downloads
References
Aprillia, E., Nurhayati, C., Putri, A., & Pandiangan, B. (2023). Perubahan kurikulum pada proses pembelajaran. I(4).
Budiono, Arifin Nur 2015. Buku Pedoman Penyusunan Proposal Dan Skripsi. Jember : Pustaka Radja & FKIP Universitas Islam Jember.
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telambanua, T., & Hulu, F. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. 08(January), 325–332.
Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. 1(1), 283–290.
Izza, I. E. R., Irawati, T. N., & Al Ayubi, S. (2022). Penerapan Model Core untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Materi Balok Di MTs Miftahul Ulum. Jurnal Educazione: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 13-18.
Marfu, S. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. 5, 50–54.
Mariani, S. D., Larasati, D. A., Prasetya, S. P., & Stiawan, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Hybrid Learning Menggunakan Media Baamboozle Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 2(2), 206–216.
Murti, M., Jais, M., & Rahim, F. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Game Based Learning ( Baamboozle ) Sebagai Media Evaluasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 40 Bulukumba. 12, 132–141
Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Kelas XI IPS 1. 4(3), 358–369.
Safithri, R., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning ( PBL ) dan Project Based Learning ( PjBL ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. 05(01), 335–346.