PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) METODE NUMERIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Authors

  • Relawati Universitas Batanghari Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2407

Keywords:

lembar kerja peserta didik (LKPD), metode numerik, model pembelaran contextual teaching and learning (CTL), teori probabilitas

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yang ada di lokasi penelitian.  Berdasarkan hasil observasi awal di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNBARI ditemukan Jika diamati lebih lanjut, selama proses perkuliahan ditemukan gejala yang kurang mendukung bagi pembelajaran yang kondusif. Gejala-gejala tersebut antara lain mahasiswa kurang memaksimalkan kemampuan berfikir tingkat tingginya, dan kurang termotivasi untuk belajar lebih rajin. Mengacu pada tujuan penelitian yang telah dikemukakan, maka jenis penelitian yang di gunakan adalah jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD Metode Numerik berbasis model pembelajaran CTL yang dikembangkan untuk perkuliahaan Metode Numerik sudah sangat valid, baik dari segi isi dan konstruk, Praktis dan Efektif dan LKPD sudah sesuai dengan capaian pembelajaran dan silabus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anju Nofarof Hasudungan. (2022). Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan, 3 (2), 112-126. https://jurnal.iainsalatiga.ac.id/index.php/dinamika/index.

Dachi, F. A., & Perdana, D. N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Pada Siswa Kelas XI Busana SMK Negeri 6 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika Ekasakti, 1(1), 38–48.

Faradillah, A. (2020.) Metode Numerik. Prodi Pendidikan Matematika UHAMKA.

Haryanto, P. C., & Arty, I. S. (2019). The Application of Contextual Teaching and Learning in Natural Science to Improve Student’s HOTS and Self-efficacy. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1), 012106. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012106.

Lestari, Ega Ayu. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Eksperimen IPA Kelas V SD/MI. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Pribadi, Y. T., Sholeh, D. A., & Auliaty, Y. (2021). Pengembangan E-Lkpd Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas Iv Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 264–279. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116.

Setiawan, D., Khodijah, & Mansyur, A. (2020). Implementing Contextual Teaching and Learning (CTL) Model to Teach Fiqh. Journal of Research in Islamic Education, 2(2), 93–105. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/jrie.v2i2.1283.

Sudiarta, I. W. (2020). Metode Numerik. Arga Puji Press.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, R., Ati, H. S. P., & Mitra, P. (2021). Bahan Ajar Metode Numerik. Deepublish.

Utami, A. P., Zuhdiyah, & Paradesa, R. (2020). Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning untuk Materi Segiempat. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 61–68.

Winda Purba, Masni Veronika S, & Winarto S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teacher And Learning) Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaringan Tumbuhan . 14 (1). 50-56. 7774-24699-1-SM.pdf.

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles