DESKRIPSI MINAT BELAJAR SISWA SMP MELALUI MEDIA INTERAKTIF WORDWALL PADA MATERI SPLDV
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2404Keywords:
Minat Belajar, Media Interaktif, WordwallAbstract
Minat belajar merupakan faktor penting yang memengaruhi keberhasilan siswa dalam memahami suatu materi. Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan minat belajar adalah penggunaan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar siswa SMP setelah menggunakan media Wordwall dalam pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada pada kategori minat belajar sedang, dengan indikator ketertarikan terhadap materi memiliki nilai tertinggi dibandingkan dengan indikator lainnya. Wawancara dengan siswa mengungkapkan bahwa penggunaan Wordwall membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan membantu mereka lebih memahami materi. Dengan demikian, Wordwall dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
Downloads
References
Andini, A. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Periodik Unsur. Published thesis. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Eka. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Menggunakan Wordwall Pada Materi SPLDV. Published thesis. Jakarta: Universitas Islan Negeri Syarif Hidayatullah.
Fauzan, Z. S. 2022. Pengaruh Media Pembelajaran Word Wall terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VIII MTsN Kota Malang. Published thesis. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Jannah, M., & Hayati, M. 2024. Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 40-54.
Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. 2018. Analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari minat belajar siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1).
Kurniawan, H. A., & Soenarto, S. 2022. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Komposisi Foto Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar. Jurnal Informatika Dan Tekonologi Komputer (JITEK), 2(1), 80-89.
Rachmawati, I. N. 2007. Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif: wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35-40.
Saniah, S. L., & Pujiastuti, H. 2021. Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di SD Bakung III. Jurnal Sosialisasi, 8, 76–86
Siska Candra, N. 2015. Pengembangan Instrumen Minat Belajar Matematika Siswa Smp. FKIP Universitas PGRI Yogyakarta.