PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATERI ALJABAR

Authors

  • Raisya Hizkiya Syabina Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Nani Ratnaningsih Universitas Siliwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2401

Keywords:

Aljabar, Hasil belajar, Media pembelajaran audio visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar peserta didik pada materi aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sariwangi pada bulan Oktober 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII. Sampel yang diambil dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 44 peserta didik kelas VII dari 2 kelas yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pretest dan posttest yang telah dianalisis, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi aljabar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, A., & Rayungsari, M. (2024). Analisis Kebutuhan Penerapan Media Audiovisual dalam Memfasilitasi Pembelajaran Matematika di SMA. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 3(2), 109-123.

Amsari, D., Umar, F. I. T., Santi, N., & Nasution, P. S. (2022). Pengembangan Media Berbasis PowerPoint dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 5039-5049.

Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.

Jusmiana, A., Herianto, H., & Awalia, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP di Era Pandemi Covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1-11.

Kusumaningtyas, R., Sholehah, I. M. A., & Kholifah, N. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Model dan Media Pembelajaran bagi Generasi Z. Warta LPM, 23(1), 54-62.

Mahendra, Z., & Sukardiyono, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Motion Graphic untuk Meningkatkan Motivasi dan Penguasaan Materi Fisika Fluida Statik untuk Peserta Didik Sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2), 67-77.

Maskar, S., & Priatna, N. (2023). Penerapan Sistem Pembelajaran Berbasis Video bagi Siswa SMP pada Materi Ekspresi Aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 289-301.

Qulsum, N. O., Yahfizham, Y., & Narpila, S. D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Berbantuan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 2(6), 75-83.

Rahayu, D. S., Rahmi, D., Kurniati, A., & Yuniati, S. (2024). Systematic Literatur Review: Pengaruh Media Sosial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Didactical Mathematics, 6(1), 20-29.

Sari, A. P. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Audio-Visual pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Materi Pembulatan di SDN Malangnengah II. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(3), 75-82.

Sitanggang, C., Simalango, M., Purba, R., & Fahruzi, D. (2024). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa. Educational Journal: General and Specific Research, 4(3), 659-667.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles