PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GENIALLY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI REFLEKSI
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2400Keywords:
Media Pembelajaran Genially, Hasil Belajar, RefleksiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Genially terhadap hasil belajar peserta didik pada materi refleksi transformasi geometri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalam metode penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 12 Tasikmalaya pada bulan November 2024. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas IX. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu peserta didik kelas IX-K sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-J sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes uraian. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Genially dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi refleksi.
Downloads
References
Amalia, R., & Wibowo, A. 2020. Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran. Konsep Matematika Abstrak. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 45-56.
Aulia, N. 2021. Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Motivasi dan Pemahaman Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(3), 203-215.
Enstein, J., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Bilangan Pangkat dan Akar menggunakan Genially. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 101–109.
Firmadani, F. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.
Gunawan, A. 2022. Efektivitas Media Pembelajaran Digital dalam Mengajarkan Konsep Abstrak pada Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 321-335.
Juhriyah, H., et al. 2022. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Interaktif Berbasis Digital Genially terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN 13 Telaga Biru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 89-98.
Nurwanti, S. 2021. Efek Penggunaan Media Genially dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 4(3), 115-124.
Permatasari, S. V. G., Pujayanto, P., & Fauzi, A. 2021. Pengembangan E-Modul Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Genially Pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya Berbasis Model VAK Learning. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 11(2), 96.
Rachman, D. 2021. Kesulitan dalam Memahami Konsep Abstrak Matematika pada Peserta Didik Sekolah Menengah. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 14(2), 220-229.
Rahmawati, S., Purnamasari, R., & Efendi, R. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Genially pada Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar.
Thersarah, M., Sutanto, S., & Ratnasari, T. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Materi Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan, 5(3), 211-219.
Yuniastuti, N. S., Rasyid, H., & Rachmawati, N. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Genially untuk Pembelajaran di Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1),