PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DISKURSUS MULTI REPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2383Keywords:
Diskursus Multi Representasi, Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran KooperatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Diskursus Multi Representasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan motode penelitian true eksperimen, penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel yang diambil dari siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sembawa. Pada teknik pengumpulan data yaitu tes berbentuk essay yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Diskursus Multi Representasi dibandingkan dengan kelompok kontrol.