MUBACA: DESAIN BAHAN AJAR BERBASIS ANDROID PADA PECAHAN

Authors

  • Risna Aliyatul Ula Universitas Wisnuwardhana Malang, Indonesia
  • Anton Prayitno Universitas Wisnuwardhana Malang, Indonesia
  • Febi Dwi Widayanti Universitas Wisnuwardhana Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2377

Keywords:

Bahan Ajar, Pengembangan, Android, Pecahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi MUBACA (Mudah Belajar Pecahan) sebagai media pembelajaran matematika, khususnya materi penjumlahan pecahan, untuk siswa kelas 5. Dalam konteks pembelajaran yang terdampak oleh pandemi Covid-19, penelitian ini berfokus pada penyampaian materi yang menarik dan interaktif melalui penggunaan teknologi. Aplikasi MUBACA dirancang dengan fitur-fitur seperti video penjelasan, kuis interaktif, diskusi melalui platform Padlet, dan evaluasi menggunakan Google Form. Metode pengembangan aplikasi meliputi penyusunan materi yang sesuai dengan kurikulum, serta validasi oleh ahli materi dan media. Diharapkan, dengan adanya aplikasi ini, siswa dapat lebih memahami konsep penjumlahan pecahan dan meningkatkan semangat belajar mereka. Penelitian ini juga memberikan kontribusi bagi sekolah dalam menerapkan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan menyenangkan di era new normal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles