STUDI LITERATUR PEMANFAATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PADA PELAJARAN MATEMATIKA SMKN 7 PONTIANAK

Authors

  • Nur Afni Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Dian Rahmawati Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Yayan Hendratmoko Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Ahmad Yani Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Nurfadillah Siregar Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Nadya Febrian Meldi Universitas Tanjungpura Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2373

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Pendidikan Matematika, Keterampilan Kolaborasi

Abstract

Penelitian ini mengkaji pemanfaatan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning, PJBL) untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada pelajaran matematika di SMK Negeri 7 Pontianak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi bagi pendidik dan pengelola sekolah dalam menerapkan PJBL secara lebih efektif. Kesimpulan dari studi ini adalah PJBL merupakan pendekatan yang efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa, dan perlu adanya dukungan serta pelatihan bagi guru untuk mengatasi tantangan dalam implementasinya. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya keterampilan kolaborasi siswa dalam pembelajaran matematika akibat metode pengajaran konvensional yang kurang interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan analisis deskriptif terhadap 20 artikel yang relevan, yang diterbitkan antara tahun 2013 hingga 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PJBL secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa, keterampilan sosial, dan hasil belajar matematika. Pembahasan menunjukkan bahwa meskipun terdapat tantangan dalam merancang proyek yang sesuai dengan kurikulum dan kemampuan siswa, manfaat PJBL dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi sangat jelas. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya dalam konteks pembelajaran berbasis proyek dipendidikan matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisah Firdaus, N., Hidayati, N. L. S., & Lina Safitri. (2024). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi melalui model pembelajaran project based learning di SMPN 11 Pasuruan. CEJou Vol 5 No 1, Juli 2024.

Besse Sulfiani. (2021). Kemampuan berkolaborasi dan keterampilan berpikir kreatif siswa: Pengaplikasian project based learning. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH).

Halimatus Sa’diyah, L. E., Widi Fajari, S., Aini, S., & Fajrudin, L. (2023). Efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan keterampilan sosial siswa di sekolah dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Hairunisa Arif Rahman Hakim, & Nurjumiati. (2019). Studi pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap hasil belajar mahasiswa program studi PGSD pada mata kuliah konsep dasar IPA. Seminar Nasional Taman Siswa Bima.

Hamdan Asyhari, I., & Made Arsana. (2023). Penerapan project based learning untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar pekerjaan dasar teknik otomotif siswa kelas X TKR 4 di SMK Negeri 7 Surabaya. JPTM.

lfina, Y. Y. Sihombing. (2024). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan kolaborasi siswa pada mata pelajaran matematika kelas 5 di UPTD SD Negeri 122365 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Imam Syafii. (2023). Meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa melalui model pembelajaran berbasis proyek: Materi hakikat ilmu kimia dan metode ilmiah. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi.

Irma Erviani. (2023). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Reflection Journal.

Lestari, M. N., & Indra Jayanti. (2021). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sanggar. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan.

Muhiddin Palennari, R. (2023). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas VII SMP Negeri 18 Sinjai. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran.

Muh Ibnu Sholeh, N., ‘Azah, D., Ayu Tasya, S., Sokip, A., Asrop, S., Hasyim Rosyidi, Z. A., & Fatinnah, S. (2024). Penerapan pembelajaran berbasis proyek (PJBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan faktor pendukung implementasinya. Jurnal Tinta.

Nengah Suadnyana, I. Komang Ngurah, Ketut Ardana, D. B. K. T. NGR., & Semara Putra, I. G. A. (2017). Pelatihan penyusunan RPP tematik menggunakan pendekatan saintifik bagi guru-guru sekolah dasar gugus VIII Abiansemal Badung tahun pelajaran

Primanita Sholihah, A., Ruswan, K., Kartika Sari, N., Rahmawati, N., & Agustia, Y. (2024). Pembelajaran berbasis proyek: Perancangan modul pembelajaran yang mendorong kolaborasi dan kreativitas. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Rino, F., Sasmita, & Harjono. (2022). Metode penelitian dan pengumpulan data dalam studi kepustakaan. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Ririn Astria Saleh Haji, H., & Hari Sumardi. (2023). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan literasi matematis siswa di SMA Negeri 6 Kepahiang. Range: Jurnal Pendidikan Matematika.

Sandy Vantika Sukardi, F., Cahya Afifi, S., Sudarmono, V., & Komala Dewi. (2024). Penerapan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi limit fungsi trigonometri. MATHEMA JOURNAL.

Semuel Riak, & Hananto. (2023). Penerapan model pembelajaran project-based learning dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi, kemampuan regulasi diri, dan keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran biologi. Academy of Education Journal.

Sri Rahayu, E., & Euis Eka Pramiarsih. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap peningkatan kemampuan kolaborasi siswa dalam mata pelajaran ekonomi bisnis. JP2EA.

Suryana Rajagukguk. (2023). Penerapan project based learning untuk meningkatkan kreativitas siswa SD. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar.

Yunita Riskayanti. (2021). Peningkatan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas melalui model pembelajaran project based learning di SMA Negeri 1 Seteluk. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah.

Downloads

Published

2025-05-25

Issue

Section

Articles