ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI KECEPATAN DI KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i1.2372Keywords:
analisis, pemecahan masalah matematis, kecepatanAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi jarak dan waktu di kelas V SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kedondong 3, subjek dalam penelitian yaitu 3 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis penelitian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa materi jarak kecepatan dan waktu kelas V di SD Negeri Kedondong 3 dapat diperoleh hasil sebagai berikut: 1) pada tahap memahami masalah terdapat siswa yang belum mampu memahami soal, 2) pada tahap merencanakan siswa yang belum mampu memahami soal maka belum bisa merencanakan penyelesaian pemecahan matematis, 3) pada tahap menyelesaikan penyelesaian terdapat siswa yang salah dalam melakukan perhitungan, dan 4) pada tahap memeriksa kembali siswa tidak memeriksa kembali sehingga hasil pemecahan masalah tidak maksimal. Simpulan dari penelitian ini adalah siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbeda-beda, mulai dari yang sangat kompeten dalam menyelesaikan soal, cukup kompeten menyelesaikan soal hingga yang tidak bisa dalam menyelesaikan soal.