PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA PEMBELAJARAN MATRIKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK MADINATUL ULUM
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1839Keywords:
Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Matriks, Model KooperatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model kooperatif tipeTeams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran matriks terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMK Madinatul Ulum. Instrumen penelitian terdiri dari tes berbentuk lima soal esai dan dokumentasi. Pembelajaran dibagi ke dalam kelompok-kelompok belajar beranggotakan 5 hingga 6 siswa. Setelah pembelajaran, diadakan turnamen permainan akademik antar tim untuk mengakumulasi poin bagi setiap tim. Pendekatan ini terdiri dari lima tahapan: penyajian kelas, belajar dalam kelompok, permainan, pertandingan, dan penghargaan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk Pre-Elxperimental Desain dengan jenis rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Hasil analisis statistik menunjukkan nilai Signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara hasil belajar Pre Test sebesar 59,8750 dan hasil belajar Post Test sebesar 77,5417, menunjukkan bahwa penggunaan Model Kooperatif Tipe Turnamen Permainan Tim (TGT) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMK Madinatul Ulum.
Downloads
References
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Pres.
Azizah, S. N., & Diana, R. R. (2022). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament untuk meningkatkan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di RA Bustanul’Ulum. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 121-129.
Basri, P. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Damanik, E. H. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Materi Perubahan Tanah Dan Alam Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sd Negeri 091390 Panribuan Tahun Ajaran 2020/2021 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality).
Elkana Abeto Surbakti, E. L. K. A. N. A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Mata Pelajaran Ipa Tema 6 Subtema 1 Materi Sumber Energi Kelas Iii Di Sd Negeri 043951 Surbakti Tp 2022/2023 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality Berastagi).
Hakiki, R., & Setiana, A. R. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Pusat Kesehatan Masyarakat (Uptd Puskesmas) Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya. Journal Of Innovation Research And Knowledge, 3.
Julaeha, S., & Erihadiana, M. (2021). Model pembelajaran dan implementasi pendidikan HAM dalam perspektif pendidikan islam dan nasional. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(3), 403-414.
Mahmudi, I., Athoillah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusuma, A. R. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507-3514.
Malawi, I., & Maruti, E. S. (2016). Evaluasi Pendidikan. Cv. Ae Media Grafika.
Mufiza, T., Marlini, C., & Zamana, M. (2022). pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap motivasi belajar siswa sdn rumpet kelas IV pada sub materi "rendah hati". jurnal ilmiah mahasiswa, 4.
Nasution, M. (2018). Konsep pembelajaran matematika dalam mencapai hasil belajar menurut teori gagne. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 6(02), 112-126.
Noor, J. (2011). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(1), 42-46.
Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.
Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
zyra, s. n., alamsyah, t. p., & yuliana, r. (2022). Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasa, 3.