PENGEMBANGAN MODUL KESEBANGUNAN BANGUN DATAR BERBASIS PREVIEW QUESTIONS READ REFLECT RECITE REVIEW (PQ4R)

Authors

  • Nok Izatul Yazidah Universitas Insan Budi Utomo Malang, Indonesia
  • Salma Novitasari Universitas Insan Budi Utomo Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1838

Keywords:

ADDIE model, PQ4R, Teaching Module

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia saat ini, sehingga manusia bisa menjadi manusia yang cerdas terampil, kreatif dan inovatif. Strategi PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) yang artinya preview (membaca cepat sekilas), question (bertanya), read (membaca), reflect (refleksi), recite (membuat rangkuman), review (mengulang keseluruhan). Strategi PQ4R adalah salah satu strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. strategi PQ4R ini di anggap relevan, efektif, hingga praktis karena merupakan strategi untuk memahami materi yang diberikan dan berbeda hanya dengan membaca. Model pengembangan ADDIE merupakan model desain sistem pembelajaran yang paling umum digunakan serta menjadikan peserta didik sebagai pusat pembelajaran yang inovatif autentik dan menginspirasi. ADDIE merupakan sebuah singkatan yang kepanjangannya adalah Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Modul ini diimplementasikan pada peserta didik kelas X SMK Penerbangan Angkasa Singosari Malang yang menunjukkan bahwa peningkatan kemudahan belajar, pemahaman konsep serta ketertarikan peserta didik dalam mempelajari materi kesebangunan bangun datar dengan efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldoobie, N. 2015. ADDIE Model. American International Journal of Comparary.

Asyono. 2016. Matematika SMP/MTS Kelas XI. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Cahyadi, Rahmat Arafah hari. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaka Islamic Education Journal. 3 (1), 35-42.

Cahyono, Budi. Dian falasifa. Tsani Aulia Rahmat. 2018. Pengembangan Buku Saku Matematika Berbasis Karakter Pada Materi Trigonometri. Jurnal phenomenon. Vol. 8 (2), 185-199.

Farapatana, E., Anwar, Y.S,. dan Abdillah. 2019. Pengembangan Komik Matematika dengan Metode Preview, Question, Read, Reflect Recite, dan Preview (PQ4R) pada Materi Lingkaran Kelas VII SMP. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika 3 (1) 01-06.

Firmansyah, Deri. 2022. Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian Literatur Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH). Vol 1. no 2. 85-114.

Hidayat, Fitria. Muhammad Nizar. 2021. Model ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementation and evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam.

Kurniati, K. Pharmana, R.C, dan Makur, A. 2018. Komik Matematika Materi Vektor dan Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R). Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 8 (3) 2502-5457.

Mulyati. 2018. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa SMA Melalui Strategi Preview - Question - Reflex - Reside - Review (Kuasi Eksperimen pada Siswa SMA di Kabupaten Indramayu). Jurnal Analisa. 2 (3) 2549-5135.

Ningsih. S.Y. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik di SMP Swasta Tarbiyah Islamiyah. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 3 (1), 2528-4363.

Rayanto, Yudi hari, Sugianti. 2020. Penelitian Pengembangan ADDIE dan R&D: Teori dan Praktek. Lembaga Akademik and Research Institute.

Rikmasari, Rima,. Megalestari. 2018. Metode Pembelajaran PQ4R Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas V di Bekasi. Jurnal Of Madrasah Ibtidaiyah education 2 (2). 265-275.

Subchan, Winarni. Muhammad syifa'ul Mufid. Kistosil Fahim, dan Wawan Hafid Saifudin. 2018. Matematika SMP MTS Kelas 11. Jakarta Pusat Kurikulum dan Pembukuan. Balitang, Kemendikbud

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Susanto. Dicky, dkk. 2022. Matematika Untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, riset, dan teknologi.

Ulfa, mahromah. 2019. Strategi Preview, Question, Read, Refleks, Recite, Review (PQ4R) pada Pemahaman Konsep Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika 1 (1) 48-55.

Martina, D.E., As, I. Yuliana. 2018. The Effect of Using PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Strategy on EFL Students’ Reading Comprehension Achievement. Research in English and Education (READ), 3(1), 17-24. Research. Desember. Vol. 5.6-68.

Downloads

Published

2024-05-25

Issue

Section

Articles