PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMPN 4 TEBING TINGGI

Authors

  • Nur Hafizhah Husna Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Yasifati Hia Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1805

Keywords:

Bahan ajar, Discovery Learning, Geogebra,, Kemampuan Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan e-modul berbantuan geogebra pada model discovery learning serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui e-modul pada materi sistem koordinat kartesius.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang mana terdiri dari lima tahap yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk yang dikembangkan berupa e-modul berbantuan geogebra pada materi sistem koordinat kartesius, subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMPN 4 Tebing Tinggi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kevalidan bahan ajar berdasarkan penilaian dosen ahli ditinjau berdasarkan isi media mendapatkan rata-rata nilai sebesar 3,75 dengan kriteria “valid”. Kemudian ditinjau berdasarkan konstruk media mendapatkan rata-rata nilai sebesar 3,75 dengan kriteria “valid”. (2) Kepraktisan bahan ajar berdasarkan respon siswa pada uji kelompok kecil sebesar 83,25% dan pada uji lapangan sebesar 89,72%, kemudian berdasarkan respon guru setelah menggunakan media mendapatkan rata-rata persentase sebesar 90% termasuk kriteria “sangat praktis”. (3) Keefektifan bahan ajar berdasarkan hasil ketuntasan belajar siswa setelah   menggunakan   e-modul   sebesar   88,1% dan ketercapaian    ketuntasan    belajar    berdasarkan    indikator    pemahaman konsep mendapatkan persentase total sebesar 83%. (4) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep dilihat berdasarkan hasil rata-rata pretest sebesar 55,95 menjadi rata-rata posttest sebesar 82,85. Kemudian didukung oleh hasil perolehan analisis N-Gain yaitu 0,62 berada pada interval 0.3 ? <g> < 0.7 tergolong “sedang”. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat maka penggunaan e-modul berbantuan geogebra pada model discovery learning dapat dikatakan layak dengan kategori valid, praktis dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauziyah et al. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Menggunakan E-Modul Berbantu Kodular Pada Smartphone. WILANGAN: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Volume 3(1), halaman 71-77. http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan.

Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 4(2), 102-115.

Diana, P., Indiana, M., & Aan, S. P. 2020. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education). 4(1): 24-32.

Hake, R. R. 1998. Interaktive-Engagement Vs Traditional Methode: A Six-Thousandstudent Survey Of Mechanictest Data For Introductory Physics Course. The American Journal of Physics Research, 66: 64-74.

Jatisunda, M. G. & Dede S. N. 2019. Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep Trigonometri Di Lihat Dari Learning Obstacles. Jurnal Didactical Mathematics. 2(1) : 9 – 16.

Nurhairunnisah & Sujarwo. 2018. Bahan Ajar Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sma Kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 5(2) : 192 – 203.

Simanihuruk S. & Yasifati H. 2022. Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Corporate Edition Pada Materi Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-Siku Di SMA N 1 Sumbul. Formosa Journal of Applied Sciences.1(5) : 775 – 788.

Sitorus R. B. & Yasifati H. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra Untuk Menigkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Negeri 1 Porsea T.A 2020/2021. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia. 1(11) : 1566 – 1573.

Sonia, N., Nila, K. & Nora, S. 2021. Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 1 Hewan Di Sekitar Ku Sd Kelas II. School Education Jornal. 11(4): 303 – 312.

Suryawan, I. P. P. & Dodi P. 2020. Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Prisma.9(1): 108 – 117.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta.

Supriyono, Toto’, B. S. & Dinawati, T. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Student Facilitator and Explaining Setting Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Sub Pokok Bahasan Prisma Dan Limas Kelas VIII Semester Genap. Pancaran. 3(2): 53-62.

Utami, A. D., Puput, S. & Novi, M. 2020. Level Pemahaman Konsep Komposisi Fungsi Berdasar Taksonomi Solo (Structure Of Observed Learning Outcomes). Jawa Tengah: Pena Persada.

Wantika & Sri, P. N. 2019. Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep Trigonometri Di Lihat Dari Learning Obstacles. Jurnal Matematika. 2(1): 49 – 57.

Wibowo, E. & Dona, D. P. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Jurnal Matematika. 1 (2): 147 – 156.

Yahya, Mohammad. 2020. Ilmu Pendidikan. Jember: IAIN Jember Press.

Yolanda, D. D. 2020. Pemahaman Konsep Matematika Dengan Metode Discovery. Agam : Guepedia.

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles