PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMPN 4 TEBING TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1805Keywords:
Bahan ajar, Discovery Learning, Geogebra,, Kemampuan Pemahaman KonsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan e-modul berbantuan geogebra pada model discovery learning serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui e-modul pada materi sistem koordinat kartesius. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang mana terdiri dari lima tahap yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk yang dikembangkan berupa e-modul berbantuan geogebra pada materi sistem koordinat kartesius, subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMPN 4 Tebing Tinggi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kevalidan bahan ajar berdasarkan penilaian dosen ahli ditinjau berdasarkan isi media mendapatkan rata-rata nilai sebesar 3,75 dengan kriteria “valid”. Kemudian ditinjau berdasarkan konstruk media mendapatkan rata-rata nilai sebesar 3,75 dengan kriteria “valid”. (2) Kepraktisan bahan ajar berdasarkan respon siswa pada uji kelompok kecil sebesar 83,25% dan pada uji lapangan sebesar 89,72%, kemudian berdasarkan respon guru setelah menggunakan media mendapatkan rata-rata persentase sebesar 90% termasuk kriteria “sangat praktis”. (3) Keefektifan bahan ajar berdasarkan hasil ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan e-modul sebesar 88,1% dan ketercapaian ketuntasan belajar berdasarkan indikator pemahaman konsep mendapatkan persentase total sebesar 83%. (4) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep dilihat berdasarkan hasil rata-rata pretest sebesar 55,95 menjadi rata-rata posttest sebesar 82,85. Kemudian didukung oleh hasil perolehan analisis N-Gain yaitu 0,62 berada pada interval 0.3 ? <g> < 0.7 tergolong “sedang”. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat maka penggunaan e-modul berbantuan geogebra pada model discovery learning dapat dikatakan layak dengan kategori valid, praktis dan efektif.
Downloads
References
Fauziyah et al. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Menggunakan E-Modul Berbantu Kodular Pada Smartphone. WILANGAN: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Volume 3(1), halaman 71-77. http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan.
Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 4(2), 102-115.
Diana, P., Indiana, M., & Aan, S. P. 2020. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education). 4(1): 24-32.
Hake, R. R. 1998. Interaktive-Engagement Vs Traditional Methode: A Six-Thousandstudent Survey Of Mechanictest Data For Introductory Physics Course. The American Journal of Physics Research, 66: 64-74.
Jatisunda, M. G. & Dede S. N. 2019. Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep Trigonometri Di Lihat Dari Learning Obstacles. Jurnal Didactical Mathematics. 2(1) : 9 – 16.
Nurhairunnisah & Sujarwo. 2018. Bahan Ajar Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sma Kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 5(2) : 192 – 203.
Simanihuruk S. & Yasifati H. 2022. Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Corporate Edition Pada Materi Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-Siku Di SMA N 1 Sumbul. Formosa Journal of Applied Sciences.1(5) : 775 – 788.
Sitorus R. B. & Yasifati H. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra Untuk Menigkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Negeri 1 Porsea T.A 2020/2021. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia. 1(11) : 1566 – 1573.
Sonia, N., Nila, K. & Nora, S. 2021. Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 1 Hewan Di Sekitar Ku Sd Kelas II. School Education Jornal. 11(4): 303 – 312.
Suryawan, I. P. P. & Dodi P. 2020. Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Prisma.9(1): 108 – 117.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta.
Supriyono, Toto’, B. S. & Dinawati, T. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Student Facilitator and Explaining Setting Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Sub Pokok Bahasan Prisma Dan Limas Kelas VIII Semester Genap. Pancaran. 3(2): 53-62.
Utami, A. D., Puput, S. & Novi, M. 2020. Level Pemahaman Konsep Komposisi Fungsi Berdasar Taksonomi Solo (Structure Of Observed Learning Outcomes). Jawa Tengah: Pena Persada.
Wantika & Sri, P. N. 2019. Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep Trigonometri Di Lihat Dari Learning Obstacles. Jurnal Matematika. 2(1): 49 – 57.
Wibowo, E. & Dona, D. P. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Jurnal Matematika. 1 (2): 147 – 156.
Yahya, Mohammad. 2020. Ilmu Pendidikan. Jember: IAIN Jember Press.
Yolanda, D. D. 2020. Pemahaman Konsep Matematika Dengan Metode Discovery. Agam : Guepedia.