PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF MURDER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1803Keywords:
Kemampuan pemahaman konsep Matematis, Model Pembelajaran Kolaboratif Murder, Persamaan Linear Satu VariabelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran kolaboratif murder di kelas X SMA Swasta Eria Medan tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus mencakup 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Eria Medan berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Tes dilakukan sebanyak 3 kali yaitu tes awal, tes kemampuan pemahaman konsep matematis I dan II. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum diberi tindakan adalah siswa belum mampu menggambarkan ide – ide matematis melalui tulisan (49,21%), belum mampu menggunakan model - model matematika (27,34%), dan belum mampu memahami ide - ide matematis secara tulisan (23,43%). Setelah diberi tindakan pada siklus I dan siklus II diperoleh, siswa telah mampu merumuskan pokok-pokok permasalahan, mampu menggambarkan ide - ide matematis melalui tulisan, mampu menggunakan model - model matematika dan siswa mampu memahami ide - ide matematis secara tulisan. Hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis pada siklus I secara klasikal diperoleh sebanyak 5 dari 21 siswa tuntas (23,81%) dengan rata-rata 64,95, pada siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 18 siswa dari 21 siswa (85,71%) dengan rata-rata 76,58 dan telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal karena 85% siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kolaboratif murder dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMA Swasta Eria Medan.
Downloads
References
Afrilianto. (2012). “Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking”, Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, vol.1 no.2.
Andriani, S., & Utama, W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2017, PM689-PM696.
Chonesty1, E., Syahrilfuddin, S., & Putra, Z. H. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan pada siswa di sekolah dasar. Jurnal Cendikia Pendidikan Dasar, 11-20.
Fadilla, P., Koryati, D., & Djumadiono. (2014). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Scaffolding terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit, 63-77.
Juliyanti. 2016. Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan pada siswa kelas IV di SD Negeri se-gugus Lodan Semarang Utara. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Magfirah, M. I., Darwis M, M., & Rusli. (2020). Pengaruh Penerapan Model Kolaboratif MURDER terhadap Hasil Belajar, Aktivitas dan Respons Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas X . Issues in Mathematics Education, 159 – 168.
Marniati, & Tahir. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kolaboratif. Jurnal Karya Pendidikan Matematika V, 28-32.
Nenoa, W., Daniel, F., & Taneo, P. 2020. Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Pembelajaran dengan Pendekatan CTL. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 12-20.
Rici Elnanda. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative MURDER terhadap Pemahaman Konsep Matematik Siswa, (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2014), Skripsi, diakses pada tanggal 20 mei 2023 melalui http: (Sari, Rusdi, & Muchlis, 2018)//repository.uinjkt.ac.id.
Sari, P. Y., Rusdi, & Muchlis, E. E. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Materi Lingkaran. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS).
Saragih, S., & Habeahan, W. (2014). The Improving of Problem Solving Ability and Students' Creativity Mathematical by Using Problem Based Learning in SMP Negeri 2 Siantar. Journal of Education and Practice, 123-132.
Sinaga, Juli Antasari, Dan Firman Pangaribuan. (2015). Pengaruh model pembelajaran core didukung teori belajar bruner untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Jurnal Pendidikan Matematika dan Penerapan, Vol 1, No3, ISSN: 2442-7616
Surya, E., & Erlinda, N. (2017). Mathematical Learning Strategy of Fractional form by using Learning Model of Gagne and Human Figure Line Media. International Journal of Science: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34(2), 13–22.
Sutarto. (2013). Desain pembelajaran Matematika. deepublish.
Ulansari, P. T., Ansori, I., & Yennita. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 27-33.
Yusmin, E. (2016). Kesulitan Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika (Rangkuman Dengan Pendekatan Meta-Ethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1), 2119–2136.