EKSPLORASI ETNOMATIKA PADA JAJANAN TRADISIONAL BETAWI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR

Authors

  • Heriyati Heriyati Univesitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
  • Munasiah Munasiah Univesitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
  • Lin Suciani Astuti Univesitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1797

Keywords:

etnomatika, jajanan tradisional Betawi, media pembelajaran matematika

Abstract

Matematika dan budaya adalah dua hal yang saling berkaitan. Penelitian Matematika dalam budaya dikenal dengan istilah etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan konsep matematika pada makanan tradisional Indonesia  khususnya  jajanan tradisional betawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  survei kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil dari penelitian ini adalah   terdapat unsur geometri datar dan geometri ruang, yaitu segitiga, persegi panjang, layang-layang, belah ketupat, lingkaran, tabung, dan kerucut yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran matematika dengan pendekatan Etnomatematika tingkat  sekolah dasar dan menengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

As'ari, A., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Matematika SMP/MTs Kelas VIISemester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Dwi, A. A., & Farabi, Z. A. (2017, Oktober 3). Detik food. Dipetik November 10, 2020, dari Detik.com:https://food.detik.com/infografis/d-3668651/mengenal-bentuk-bentuk- ketupat-tradisional-indonesia

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707

Huda, N. T. (2018). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(2), 217-232. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.870

Hotima, H., & Hariastuti, R. M. (2021). Ketupat Desa Alasmalang Banyuwangi: Menggali Matematika Dalam Budaya. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 16–25. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page16-25

Hutauruk, A. J. B. (2020). Karakteristik Etnomatematika dalam Pembelajaran Sekolah. Prosiding Webinar Ethnomathematics Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Hkbp Nommensen, 58–62.

Nasaruddin, N. (2018). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232

Richardo, R. (2016). Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika. Almaata.Ac.Id, 7(2), 118–125

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521

Turmudi, T. (2017). Apa Mengapa dan Bagaimana Implementasi dalam Pembelajaran Matematika di Kelas. Seminar Nasional Senatik 2017, halaman 38–53. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2292

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles