EKSPLORASI ETNOMATIKA PADA JAJANAN TRADISIONAL BETAWI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1797Keywords:
etnomatika, jajanan tradisional Betawi, media pembelajaran matematikaAbstract
Matematika dan budaya adalah dua hal yang saling berkaitan. Penelitian Matematika dalam budaya dikenal dengan istilah etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan konsep matematika pada makanan tradisional Indonesia khususnya jajanan tradisional betawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat unsur geometri datar dan geometri ruang, yaitu segitiga, persegi panjang, layang-layang, belah ketupat, lingkaran, tabung, dan kerucut yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran matematika dengan pendekatan Etnomatematika tingkat sekolah dasar dan menengah.
Downloads
References
As'ari, A., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Matematika SMP/MTs Kelas VIISemester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud
Dwi, A. A., & Farabi, Z. A. (2017, Oktober 3). Detik food. Dipetik November 10, 2020, dari Detik.com:https://food.detik.com/infografis/d-3668651/mengenal-bentuk-bentuk- ketupat-tradisional-indonesia
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707
Huda, N. T. (2018). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(2), 217-232. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.870
Hotima, H., & Hariastuti, R. M. (2021). Ketupat Desa Alasmalang Banyuwangi: Menggali Matematika Dalam Budaya. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 16–25. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page16-25
Hutauruk, A. J. B. (2020). Karakteristik Etnomatematika dalam Pembelajaran Sekolah. Prosiding Webinar Ethnomathematics Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Hkbp Nommensen, 58–62.
Nasaruddin, N. (2018). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232
Richardo, R. (2016). Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika. Almaata.Ac.Id, 7(2), 118–125
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Turmudi, T. (2017). Apa Mengapa dan Bagaimana Implementasi dalam Pembelajaran Matematika di Kelas. Seminar Nasional Senatik 2017, halaman 38–53. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2292