ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TEORI WANKAD DAN OREOVICZ PADA MATERI TRIGONOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1793Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Teori Wankad dan OreoviczAbstract
Penelitian ini bertujuan Untuk Meganalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Teori Wankad dan Oreovicz Pada Materi Trigonometri. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Desain Komunikasi Visual SMK Negeri 1 Parindu yang berjumlah 35 orang dan untuk subjek terdiri atas 3 orang untuk setiap tingkatan kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi, sedang, dan rendah. Alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini berupa tes dan instrumen wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi dapat melaksanakan tahapan pemecahan masalah dengan tepat; Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis sedang dapat melaksanakan beberapa tahapan pemecahan masalah yaitu tahap saya mampu atau bisa, mendefinisikan, mengeksplorasi, merencanakan, mengerjakan dan generalisasi; Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis rendah hanya dapat melaksanakan beberapa tahapan pemecahan masalah yaitu tahap saya mampu atau bisa, mendefinisikan dan mengeksplorasi.
Downloads
References
Elita, G., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. 2019. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447-458.
Pramudita, M. D., Ambarwati, L., & Hidajat, F. A. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Kristen Kasih Kemuliaan pada Materi SPLTV. Journal on Education, 5(4), 13783–13788.
Rohmah, Muslihah., & Sutiarso, Sugeng. 2018. Analysis Problem Solving in Mathematical Using Theory Newman. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671- 681.
Sari, D. S. M., Fatih'Adna, S., & Mardhiyana, D. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Teori Wankat Dan Oreovocz. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2).
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. 2022. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).