PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA DI SMK
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1789Keywords:
Canva, Penelitian Pengembangan, Problem Based Learning, SPLTVAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD dengan model prpblem based learning pada materi SPLTV di SMK yang valid, praktis serta mengetahui efek potensial dari penggunaannya. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Bina Sriwijaya Indonesia Palembang pada subjek penelitian ini diambil dari Peserta Didik kelas X TKJ dengan jumlah peserta didik 24. Model pengembangan penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan ini dilakukan secara sistematik dan spesifik dimulai dari analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan sampai pada tahapan evaluasi (evaluation). Pada teknik pengumpulan data peneliti menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian yang didapatkan untuk skor kevalidan dari validator sebesar 84,7% dengan kategori sangat valid, untuk hasil dari kepraktisan mendapat nilai skor 81,5% pada kategori sangat praktis, dan untuk tingkat keefektifan pada efek potensial didapat skor 89,1% dengan kategori sangat efektif.
Downloads
References
Anggraini, U. D. (2022). Pengembangan LKPD Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Website Canca.com Materi Alat Indra Pada Manusia Terhadap Literasi Sains Peserta Didik Kelas IV SDN 95/96 Binjai Tahun Ajaran 2021/2022. Repository UMSU.
Islamia, N. (2019). pengembangan lembar kerja siswa berbasis keterampilan berpikir kritis sebagai bahan ajar mata pelajaran biologi. Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.
Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 25-23.
Milala, H. F., Endryansyah, E., Joko, J., & Agung, A. I. (2022). Keefektifan dan Kepraktisan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Player. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 195-202.
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Putri, L. A., & Dewi, P. S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Mathema : Jurnal Pendidikan Matematika, 32-39.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 148-158.