LEARNING OBSTACLE PADA PEMBELAJARAN PROGRAM LINEAR UNTUK SMA KELAS XI

Authors

  • Zakiyatul Hasanah Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Destiniar Destiniar Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Nyiayu Fahriza Fuadiah Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1785

Keywords:

Analisis Buku Teks, Analisis Prosfektif, Tes Diagnostik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan atau hambatan belajar yang dialami peserta didik dan berbagai penyebab hambatan belajar tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Analisis kesulitan belajar didapat dengan memberikan tes Learning Obstacle, menganalisis buku teks yang digunakan guru, analisis RPP, melakukan wawancara terhadap guru mata pelajaran, dan menganalisis hasil tes Learning Obstacle, yang diberikan kepada 17 peserta didik kelas XII. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian pembelajaran program linear ini peserta didik mengalami kesulitan atau hambatan belajarĀ  pada materi program linear yakni 1) terdapat peserta didik yang belum mampu membuat model matematika dari sistem pertidaksamaan linear dua variabel, 2) peserta didik kesulitan menentukan himpunan penyelesaian atau titik pojok yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan linear dua variabel, 3) peserta didik kesulitan dalam menggambar grafik daerah himpunan penyelesaian, 4) peserta didik kesulitan dalam menentukan nilai optimum dari fungsi tujuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian, A. (2023). Program Linear: Pengertian, Rumus, contoh soal. Retrieved from Rumus Pintar: https://rumuspintar.com/program-linear/

Agustina, L., Nurhidayah, D., & Wiratomo, Y. (2020). Analisis Materi dan Penyajian pada Buku Teks Matematika SMP/MTs untuk Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 359-370.

Amadea, K., & Ayuningtyas, M. D. (2020). Perbandingan Efektifitas Pembelajaran Sinkronus dan Asinkronus Pada Materi Program Linear. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 111-120.

Anggara, B., Wahyudi, W., Rizqi, F., Maulana, D. F., Rachmaningsih, S., & Adhitya, S. (2021). Implementasi Desain Didaktis Konsep Program Linear Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 427-441.

Farida, C., Destiniar, D., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Plus Minus Jurnal Pendidikan Matematika, 53-66.

Putri, I. S., Muin, A., & Miftah, R. (2019). Desain Didaktis Pembelajaran Matematika untuk Mengatasi Hambatan Epistimologis Pada Konsep Program Linear Di SMA. Seminar Nasional Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 132-133.

Suryadi, D. (2016). Monograf Didactical Design Research. Bandung: Penelitian Sistem Komunitas Pendidik Berbasis Riset.

Suryadi, D. (2019). Landasan Filosofis Penelitian Desain Didaktis (DDR). Bandung: Gapura Press.

Yatimah, D., & Aminah, N. (2019). Analisis Hambatan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Berbasis Kemampuan Matematis Pada Materi Program Linear. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Sains, 8-13.

Zaura, B., Ellianti, E., & Sinesia, S. (2022). Identifikasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Program Linear Di SMA. Jurnal Peluang, 45-54.

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles