MODIFIKASI KARTU UNO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA
Keywords:
Modifikasi, Kartu UNO, Media, Segiempat, Bangun DatarAbstract
Media pembelajaran merupakan suatu hal yangpenting untuk menunjang keberhasilan suatu pembelajaran. Kesulitan siswa dalam memahami materi dan membedakan bentuk-bentuk bangun datar merupakan permasalahan yangsering dihadapi guru. Oleh karena itu, maka sangat perlu dilakukan pengembangan dengan jalan modifikasi kartu UNO sebagai media pembelajaran bangun datar yang valid, praktis dan efektif sehingga mampu meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan selama bulan Januari hingga November 2018 dengan melibatkan 58 siswa SMP Negeri 1 Arjasa dan MTs Nurul Jadid Bondowos sebagai subjek peneltian dalam uji coba pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang menggunakan perangkat berupa lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan media pembelajaran, lembar soal tes hasil belajar dan lembar angket siswa. Hasil dari penelitian ini adalah berupa hasil modifikasi kartu UNO menjadi suatu bentuk kartu GEO yang telah valid, praktis dan efektif dalam menngkatkan pemahaman siswa terhadap bangun datar segiempat.
Downloads
References
Mel Silberman. 2002. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Penerjemah: Sarjuli,dkk. Yogyakarta: Yapependis.
Poedjiastoeti, Sri. 1999. Media Pembelajaran. Surabaya: Unipres Unesa.
Sulisawati, DN. 2011. Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Model Advance Organizer pada Materi Pokok Segiempat di Kelas VA SDN Ketegan 1 Taman. Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Wardani, Shinta Kumala. 2017. Pengaruh Penggunaan Peta Konsep dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi tidak dipublikasikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.