PENGEMBANGAN KARTU MATEMATIKA ASYIK (KARMAS) UNTUK MENUNJANG MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT)
Keywords:
Pengembangan Media, Media Kartu, Model Pembelajaran TGTAbstract
Dalam belajar matematika, siswa cenderung terbiasa dalam menghafal dan mengingat rumus-rumus yang ada dalam matematika. Akibatnya ketika siswa dihadapkan dengan masalah-masalah dalam kategori sedang, sulit atau berbeda (tidak rutin) dari contoh yang diajarkan, maka siswa akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikannya menggunakan rumus-rumusyang telah dipelajari. Siswa perlu dibiasakan untuk bergelut dengan berbagai macam permasalahan. Salah satu model pembelajaran yang dapat menfasilitasi siswa untuk berlatih soal yaitu Model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Guna keberhasilan pembelajaran, maka diperlukan suatu Media Kartu Matematika Asyik (KARMAS). Penelitian menggunakan jenis penelitian pengembangan. Tujuan yaitu menghasilkan media kartu matematik asyik (KARMAS) untuk menunjang penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang valid, praktis dan efektif. Adapun subyek penelitian adalah siswa SMKN 3 jember kelas X tahun ajaran 2018/2019. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Kemp. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah telah tersusunnya media pembelajaran Kartu Matematika Asyik (KARMAS) untuk menunjang model pembelajaran kooperatif yang valid, praktis dan efektif.
Downloads
References
Midun, H. 2009. Sumber dan Media Pembelajaran, Bahan Ajar, Prodi PGSD STKIP Santa Paulus Ruteng Flores, Nusa Tenggara Timur.
Slavin, R E. 2005. Cooperative Learning. Teori Riset dan Praktek. Terjemahan NarulitaYusron.Tanpa tahun. Bandung: Nusa Media.
Sadiman. A. S. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sikko, S.A., Lyngved, R.& Pepin, B. 2012. Working with Mathematics and Science Teacher on Inquirybased Learning (IBL) approaches: Teacher beliefs. Acta Didactica Norge. Vol. 6 Nr. 1 Art. 17.