PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP BERPIKIR LATERAL SISWA KELAS VII SMPI AS-SHODIQ BULULAWANG
Keywords:
Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry), Berpikir LateralAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guidedinquiry) terhadap berpikir lateral siswa kelas VII SMPI As-Shodiq Bululawang.Metode penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan rancangan pretest postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPI As-Shodiq Bululawang tahun pelajaran 2017/2018. Penentuan sampel dengan teknik random sampling (sampel acak) dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 42 siswa dari 46 siswa. Nilai berpikir lateral diperoleh dari pretes dan postest berpikir lateral kemudian dicari selisihnya (N-gain). Kemudian data yang diperoleh di analisis dengan Uji Independent T Test denganĀ bantuan SPSS 17.0 for Windows pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan terhadap berpikir lateral siswa yang ditunjukkan oleh hasil Uji Independent T Test yakni nilai (sig.) lebih kecil dari 0,05 (sig. < 0,05) yaitu 0,000. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap berpikir lateral siswa kelas VII SMPI As-Shodiq Bululawang.
Downloads
References
Leonard. 2013. PeranKemampuan Berpikir Lateral dan Positif Terhadap Prestasi Belajar Evaluasi Pendidikan. Universitas Indrapasta. (Online), (https://journal.uny.ac.id/ index.php/cp/article/view /1259, diakses pada tanggal 30 Januari 2018).
Muslich, Mansur. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Pramita, Dewi. 2015. Analisis Kemampuan Berpikir Lateral Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open- Ended di SMPN 10 Pontianak. (Online), http://jurnal.untan.ac.id/ index.php/jpdpb/article/v iew/11885, diakses pada tanggal 25 Januari 2018).
Sukardi. 2004. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group.
United Nations Development programme (UNDP). 2012. The Real Wealth of Nations: Pathways to Human Development. New York. (Online), (http://hdr.undp.org/sites/default/files/reports/270/hdr_2010_en_complete_repr int.pdf, diakses pada tanggal 25 Desember 2017).