PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS LEARNING COMMUNITY
Keywords:
Blended Learning, RPP matematika, learning communityAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada mata kuliah Matematika Dasar dengan pendekatan Blended Learning berbasis Learning Community. RPP yang dikembangkan berdasarkan learning outcome dan learning objective yang telah disesuaikan dengan konsep kurikulum nasional saat ini. Mata kuliah Matematika Dasar ini disampaikan pada mahasiswa semester tiga program studi Sistem Informasi di Universitas Kanjuruhan Malang. Pengembangan RPP ini menggunakan konsep pengembangan Borg dan Gall yang telah direvisi, dengan menggunakan tiga ahli sebagai validator RPP, yaitu ahli pembelajaran matematika, ahli pembelajaran Blended Learning, ahli learning community. Berdasarkan hasil validasi ahli, diperoleh skor 3,77 yang berarti RPP berada dalam tingkat yang valid dan layak untuk diujicobakan.
Downloads
References
Borich, D. 1994. Observation Skill for Effective Teaching. New York: Macmilan Publishing Company
Carson, Lori. 2015. Blended Learning in the Math Classroom. (online). (http://www.dreambox.com/blog/blended-learning-in-the-math-classroom) diakses tanggal 2 Februari 2016
Goodyear, P., De Laat, M., & Lally, V. 2006. Using Pattern Languages to Mediate Theory-Praxis Conversations in Designs for Networked Learning. ALT-J, Research in Learning Technology, 14,(3), pp.211-223.
Ibrahim, M. 2005. Assesment Berkelanjutan. Surabaya: Unesa University Press
Koellner-Clark, Karen & Borko, Hilda. 2004. Establishing A Professional Learning Community Among Middle School Mathematics Teachers. Proceedings of the 28th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 2004 Vol. 2 pp. 223–230
Price, Derek V. 2005. Learning Communities and Student Success in Postsecondary Education. (online). (http://www.mdrc.org). diakses tanggal 2 Februari 2016
Ratumaman, G.T, dan T, Laurens. 2006. Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press
Thorne, K. 2003. Blended learning : How to integrate online and traditional learning. London: Kogan Page Publishers