MATEMATIKA AKHLAK: INTERNALISASI SIKAP - SIKAP TERPUJI (AKHLAK MAHMUDAH) DALAM SISTEM BILANGAN MELALUI STRATEGI ANALOGI
Keywords:
Internalisasi, Sikap-sikap terpuji, Sistem bilangan, Strategi analogiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai akhlak mahmudah yang dapat diinternalisasikan dalam sistem bilangan melalui strategi analogi. Jenis penelitian pada artikel ini adalah studi kepustakaan yang disajikan melalui strategi analogi. Internalisasi sikap-sikap terpuji dalam sistem bilangan meliputi: 1) sikap sadar diri sebagai manusia untuk kembali kepada fitrahnya sebagai manusia asli; 2) sikap tawadhu’ (rendah hati) dan tidak sombong; dan 3) sikap iklash dan senantiasa bertaubat.
Downloads
Download data is not yet available.
References
Abdussakir. (2004). Ketika Kyai Mengajar Matematika. Malang: UIN-Malang Press.
Abdussakir. (2008). Bilangan Asli dan Pribadi Manusia Asli. (Online) http://repository.uin-malang.ac.id/1735/7/1735.pdf (diakses 5 Oktober 2018).
Abdussakir. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Islami Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Analogi. In Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami (SI MaNIS). Malang: Jurusan Matematika FST UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Abdussakir, & Rosimanidar. (2017). Model Integrasi Matematika dan Al-Quran serta Praktik Pembelajarannya. Makalah Seminar Nasional Integrasi Matematika Di Dalam Al-Qur’an Dengan Tema “Build a Competitive and Intellectual Young Mathematician Through Mathematics Competition and Integrating Islamic Values in Mathematics Learning,” (26 April 2017), 1–16.
Al-Qur’an. (1978). Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Penafsiran Al-Qur’an, Departemen Agama RI.
Az-Zarnuji, B. I. (2004). Ta’lim Al-Muta’allim Thariqut Ta’allum (Cetakan I). Sudan: Al Dar Al Soudania for Books.
Gilbert, J., & Gilbert, L. (2000). Elements of Modern Algebra. (J. Hill, Ed.) (Fifth Edit). USA: Gary Ostedt - Brooks/Cole Thomson Learning.
Handoyo, B. H. (2007). Matematika Akhlak. Jakarta: Kawan Pustaka.
Kholil, M. (2017). Diktat Matematika: Konsep Dasar Matematika. Jember: FTIK Institut Agama Islam Negeri Jember.
Maarif, S. (2015). Integrasi matematika dan islam dalam pembelajaran matematika. Infinity, Vol. 4(No.2), 223–236.
Mahjudin. (1999). Kuliah Akhlaq Tasawuf. Jakarta: Penerbit Kalam Mulia.
Masykur, M. A., & Fathani, A. H. (2008). Mathematical Intelligence: Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. (A. Safa, Ed.) (Cetakan II). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Grup.
Muchson, & Samsuri. (2013). Dasar-Dasar Pendidikan Moral. Jogjakarta: Penerbit Ombak.
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. (R. F. Sikumbang, Ed.) (Cet.10). Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Nihayati. (2017). Integrasi nilai-nilai islam dengan materi himpunan (kajian terhadap ayat-ayat al- qur’an). Edumath, Vol. 3(No.1), 65–77.
Rosimanidar. (2015). Nilai-Nilai Akhlak Yang Diinternalisasikan Dalam Pembelajaran Aljabar Smp. Itqan, Vol. Vi(No.2), 123–140.
Shihab, M. Q. (2006). Menyingkap Tabir Ilahi – Al-Asma’ al-Husna dalam Perspektif Al-Qur’an (Cetakan VI). Tangerang: Lentera Hati.
Undang-Undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional No. 20. (2003). Jakarta: Sinar Grafika.
Abdussakir. (2008). Bilangan Asli dan Pribadi Manusia Asli. (Online) http://repository.uin-malang.ac.id/1735/7/1735.pdf (diakses 5 Oktober 2018).
Abdussakir. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Islami Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Analogi. In Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami (SI MaNIS). Malang: Jurusan Matematika FST UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Abdussakir, & Rosimanidar. (2017). Model Integrasi Matematika dan Al-Quran serta Praktik Pembelajarannya. Makalah Seminar Nasional Integrasi Matematika Di Dalam Al-Qur’an Dengan Tema “Build a Competitive and Intellectual Young Mathematician Through Mathematics Competition and Integrating Islamic Values in Mathematics Learning,” (26 April 2017), 1–16.
Al-Qur’an. (1978). Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Penafsiran Al-Qur’an, Departemen Agama RI.
Az-Zarnuji, B. I. (2004). Ta’lim Al-Muta’allim Thariqut Ta’allum (Cetakan I). Sudan: Al Dar Al Soudania for Books.
Gilbert, J., & Gilbert, L. (2000). Elements of Modern Algebra. (J. Hill, Ed.) (Fifth Edit). USA: Gary Ostedt - Brooks/Cole Thomson Learning.
Handoyo, B. H. (2007). Matematika Akhlak. Jakarta: Kawan Pustaka.
Kholil, M. (2017). Diktat Matematika: Konsep Dasar Matematika. Jember: FTIK Institut Agama Islam Negeri Jember.
Maarif, S. (2015). Integrasi matematika dan islam dalam pembelajaran matematika. Infinity, Vol. 4(No.2), 223–236.
Mahjudin. (1999). Kuliah Akhlaq Tasawuf. Jakarta: Penerbit Kalam Mulia.
Masykur, M. A., & Fathani, A. H. (2008). Mathematical Intelligence: Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. (A. Safa, Ed.) (Cetakan II). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Grup.
Muchson, & Samsuri. (2013). Dasar-Dasar Pendidikan Moral. Jogjakarta: Penerbit Ombak.
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. (R. F. Sikumbang, Ed.) (Cet.10). Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Nihayati. (2017). Integrasi nilai-nilai islam dengan materi himpunan (kajian terhadap ayat-ayat al- qur’an). Edumath, Vol. 3(No.1), 65–77.
Rosimanidar. (2015). Nilai-Nilai Akhlak Yang Diinternalisasikan Dalam Pembelajaran Aljabar Smp. Itqan, Vol. Vi(No.2), 123–140.
Shihab, M. Q. (2006). Menyingkap Tabir Ilahi – Al-Asma’ al-Husna dalam Perspektif Al-Qur’an (Cetakan VI). Tangerang: Lentera Hati.
Undang-Undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional No. 20. (2003). Jakarta: Sinar Grafika.