MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGAJUKAN PERTANYAAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE SOKRATIS DI SMK UNITOMO SURABAYA

Authors

  • Sofia Tina Sabu Maran Universitas. Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
  • Sulis Janu Hartati Universitas. Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
  • Lusiana Prastiwi Universitas. Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1470

Keywords:

Mengajukan Pertanyaan, Metode sokratis

Abstract

Peningkatan kemampuan Bertanya Dengan Menggunakan Metode Sokratis Dalam Pembelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bertanya dengan menggunakan metode sokratis.Metode penelitian yang digunakan adalah metode Observasi dengan bentuk penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil pengamatan siswa yang bertanya pada siklus pertama menunjukan perkembangan kemampuan bertanya anak di kelas XII Smk Unitomo Surabaya semua dalam kriteria kurang. Terlihat bahwa rata-rata kemampuan bertanya siswa hanya 20,73%. Hal ini berarti kemampuan dari 30 siswa belum ada yang berkembang sesuai harapan. Dan pada siklus kedua dapat dilihat peningkatan kemampuan bertanya siswa. Ada 22 Siswa yang mendapatkan Skor Tinggi atau sudah Berkembang, dan 3 Orang Siswa yang mendapatkan Skor Tertinggi atau sudah sangat berkembang, dan 5 orang Siswa yang mendapatkan Skor Cukup atau mulai Berkembang. Hal ini berarti dengan menggunakan Metode Sokratis Kemampuan Siswa kelas XII Smk Unitomo Surabaya dalam bertanya dapat meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Qhomairi, Arifan. (2014). Kemampuan berpikir kritis siswa kelas X 6 SMA Negri 15 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013.

Cintami. (2010). Penggunaan metode Socrates dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII.

Nurwantoro, Irwan. (2015). efektivitas pembelajaran Socrates ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa.

Johnson, E. B.& Johnson, D. W. dan Johnson, R. T. (2002). Implementasi metode Sokratik hasil diskusi dan menganalisis suatu kasus dalam soal essay.

Dila Canrawati,2013. PTK adalah paparan gabungan definisi dari tiga kata “ penelitian,tindakan, dan kelas”.

Iskandar, Dadang & Narsim. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Cilacap: Ihya Media.

Maxwell, M. 2008. The Socrati sMethodand its Effect on Critical Thinking. Diunduh: http://www.socraticmethod. net/.[15 Januari 2014]. Hasibuan &

Moedjiono. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-10-30