TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEST OF PIAGET’S LOGICAL OPERATION (TLO)

Authors

  • Dwi Avita Nurhidayah Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Keywords:

perkembangan kognitif, Test of Piaget’s Logical Operations (TLO), operasi konkrit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap perkembangan kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika menggunakan Test of Piaget’s Logical Operations (TLO). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Fokus penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Ponorogo yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berada pada tahap konkrit awal adalah 20%, yang berada pada tahap konkrit akhir 44%, yang berada pada tahap formal awal 36%. Berdasarkan rata-rata hasil Test of Piaget’s Logical Operations (TLO)  siswa berada pada tahap operasi konkrit akhir, dimana siswa mampu berpikir logis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kumpulan Permendiknas tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Panduan KTSP. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas

Leongsong, Jaime A.,Limjap, Auxencia A. 2003. Assessing the Mathematics Achievement of College Freshmen Using Piaget’s Logical Operation. Manila: De La Sale University. pp: 1-35

Nur, Muhammad. 1991. Pengadaptasian Test of Logical Thingking (TOLT) dalam Setting Indonesia. Surabaya: Pusat Penelitian IKIP Surabaya

Santrock, John W. 2008. Psikologi Penddikan. Jakarta: Kencana

Suparno, Paul. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius

Downloads

Published

2019-03-21

Issue

Section

Articles