TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEST OF PIAGET’S LOGICAL OPERATION (TLO)
Keywords:
perkembangan kognitif, Test of Piaget’s Logical Operations (TLO), operasi konkritAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap perkembangan kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika menggunakan Test of Piaget’s Logical Operations (TLO). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Fokus penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Ponorogo yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berada pada tahap konkrit awal adalah 20%, yang berada pada tahap konkrit akhir 44%, yang berada pada tahap formal awal 36%. Berdasarkan rata-rata hasil Test of Piaget’s Logical Operations (TLO) siswa berada pada tahap operasi konkrit akhir, dimana siswa mampu berpikir logis
Downloads
References
Leongsong, Jaime A.,Limjap, Auxencia A. 2003. Assessing the Mathematics Achievement of College Freshmen Using Piaget’s Logical Operation. Manila: De La Sale University. pp: 1-35
Nur, Muhammad. 1991. Pengadaptasian Test of Logical Thingking (TOLT) dalam Setting Indonesia. Surabaya: Pusat Penelitian IKIP Surabaya
Santrock, John W. 2008. Psikologi Penddikan. Jakarta: Kencana
Suparno, Paul. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius