PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MTS SKB 3 MENTERI BINGKAT

Authors

  • Andini Andini Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia
  • Darmina Eka Sari Rangkuti Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1469

Keywords:

Media Pembelajaran, Powerpoint Interaktif, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk menyajikan materi pada saat proses pembelajaran, sehingga merangsang belajar siswa dan juga  mempengaruhi hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas materi pembelajaran interaktif PowerPoint dalam meningkatkan kemampuan pemecahan matematika siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (penelitian dan pengembangan) atau R&D. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subyek penelitian topik ini adalah siswa kelas VIII-B MTs SKB 3 Menteri Bingkat. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi yang ditulis oleh ahli media, ahli materi, dan kontribusi guru dan siswa. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh ahli validasi media dan ahli materi umum, rata-rata rasio nilai media interaktif PowerPoint  sebesar 87,35 dengan kriteria “sangat valid”. Sedangkan tingkat kepraktisan materi pembelajaran interaktif PowerPoint dinilai berdasarkan hasil feedback guru dan siswa dengan rata-rata tingkat kepraktisan sebesar 87,39 dengan kriteria “sangat praktis”. Tingkat keefektifan dinilai berdasarkan tingkat ketuntasan yang dicapai siswa, yaitu sebesar 87 dengan kriteria “sangat efektif”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan layak digunakan karena memenuhi kriteria nilai, kepraktisan, dan efektivitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, Lestari, D. I., & Zahari, C. L. (N.D.). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Xi Tkj-3 Dalam Menyelesaikan Soal Rutin. 32–44.

Bahri, S., & Syahri Nasution, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning ( CTL ).

Bimo, S. D. (2021). Langkah Praktis Pembuatan Media Presentasi Yang Efektif Dan Interaktif Untuk Pembelajaran Djoko. Prosiding Temu Ilmiah Nasional, 1(November), 324–340.

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, And Vocational Education), 2(2), 204–210. Https://Doi.Org/10.21831/Elinvo.V2i2.17315

Fatimah, A. E. (2020). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Journal Of Didactic Mathematics, 1(2), 78–84. Https://Doi.Org/10.34007/Jdm.V1i2.256

Khayroiyah, S., & Ramadhani, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Menggunakan Model PBL Berbasis Media Realistik. Jurnal Matheducation Nusantara, 1(2), 12–17. Http://Jurnal.Pascaumnaw.Ac.Id/Index.Php/JMN/Article/View/44

Khotimah, K. (2019). Pemanfaatan Powerpoint Terintegrasi Dengan I-Springpresenter Sebagai Media Pembelajaran Ict. Eksponen, 9(1), 79–85. Https://Doi.Org/10.47637/Eksponen.V9i1.251

Mawazi, M., Zubaidah, Z., & Suratman, D. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Pemahaman Konseptual Siswa Materi Operasi Bilangan Rasional. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9). Https://Jurnal.Untan.Ac.Id/Index.Php/Jpdpb/Article/View/36001/75676583143

Nasution, S. R., & Mujib, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 40–48. Https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V6i1.1850

Novalia, Y., & Panjaitan, D. J. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Aktivitas Belajar Matematika Pada Pembelajaran Berbasis Masalah. Maju, 8(2), 493–501.

Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan (2nd Ed.).

Sugandi, M. K., & Rasyid, A. (2019). Pengembangan Multimedia Adobe Flash Pembelajaran Biologi Melalui Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Konsep Ekosistem. Biodik, 5(3), 181–196. Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V5i3.7869

Downloads

Published

2023-10-30