PENGEMBANGAN BUKU AJAR STUDYING TOGETHER GENIUS MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1468Keywords:
pengembangan, buku ajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku ajar studying togheter genius matematika untuk peserta didik SMP yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini mengadaptasi dari teori model Borg & Gall meliputi tiga tahapan: penelitian pendahuluan, desain, pengembangan dan evaluasi produk. Validitas produk dibuktikan dengan hasil validator ahli dan memenuhi kriteria validitas buku ajar serta bernilai sangat valid. Kepraktisan produk mencapai tingkat yang sangat praktis dalam hal kehidupan sehari-hari bagi pendidik dan peserta didik. Efektivitas produk dirasakan melalui sketerampilan, pengetahuan dan sikap. Hasil tes ujicoba lapangan menunjukkan bahwa lebih dari 85% peserta didik memenuhi standar minimal kelengkapan keterampilan dan pengetahuan serta memperoleh nilai baik dan sangat baik pada bidang sikap.
Downloads
References
Aunurrahman. (2010). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Azwar, S. (2009). Tes prestasi fungsi pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction (4th ed.). New York, NY: Longman.
Cai, J., et al (Eds). (2009). Effective mathematics teaching from teacher perspective. Rotterdam: Sense Publishers.
Cowan, P. (2006). Teaching mathematics. New York, NY: Routledge.
Depdiknas. (2007). Materi sosialisasi dan pelatihan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.
Jacobsen, D. A., Eggen, P., & Kauchak, D. (2009). Methods for teaching: Metode- metode pengajaran meningkatkan belajar peserta didik TK-SMA. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education. (Buku asli terbit tahun 2006).
Kemdikbud. (2013). Tentang implementasi kurikulum 2013 untuk peningkatan mutu pendidikan Indonesia.
Lestari, I. (2013). Pengembangan buku ajar berbasis kompetensi. Padang: Akademia Permata.