ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI STATISTIKA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1467Keywords:
kemampuan, komukasi matematis, statistikaAbstract
Latar belakang dari penelitian iniberdasarkan hasil observasi yangdilakukan di MTs Islamiyah Sukopuro, disekolah tersebut terdapat permasalahan pada rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Sesuai dengan yang disampaikan oleh guru mata pelajaran matematika kelas VIII B, dalam proses pembelajaran yang berlangsung didapati rendahnya pemahaman materi oleh peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan gurumemberikan soal kepada peserta didik, dan tidak sedikit peserta didik yang membuat kesalahan saat mengerjakansoal tersebut. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh peserta didikdiantaranya adalah tidak memahami maksud soal, kesalahan dalammenghitung, kesalahan dalam menguasai rumus serta konsep matematika. Sehingga Tujuan daripenelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soalmatematika materi statistika pada siswa kelas VIII B MTs Islamiyah Sukopuro.. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Islamiyah Sukopuro kecamatan Jabung kabupaten Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII B MTs Islamiyah Sukopuro. Penelitian ini menggunakan tes dan wawancara dalam proses pengumpulan data. Hasil dari Penelitian ini menggunakan tes danwawancara dalam proses pengumpulan data. Berdasarkan hasil analisis data,penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi statistika pada kelas VIII B, pada subjek dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan komunikasi matematis siswa. Pada subjek dengan kemampuan sedang kurang mampu dalam melukiskan atau merepresentasikan benda nyata, gambar, dan diagram dalam bentuk ide dan simbol matematika atau mengomunikasikan kesimpulan jawaban permasalahan sehari-hari sesuai pertanyaan. Sedangkan pada subjek dengan kemampuan rendah kurang mampu dalam dalam melukiskan atau merepresentasikan benda nyata, gambar, dan diagram dalam bentuk ide, simbol matematika danmengomunikasikan kesimpulan jawaban permasalahan sehari-hari sesuai pertanyaan, dan masih kurang sempurna dalam kemampuanmemahami dan mengevaluasi ide-ide matematik dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari secara tertulis.
Downloads
References
Acer. (2008). Bab II Kajian Pustaka. Reposity Unwira. http://repository.unwira.ac
.id/1195/3/BAB%20II.pdf Bab II Tinjauan Pustaka. (2017).
IAIN Kendari. http://digilib.iainkendari.ac.id/126/3/BAB%20II.pdf
Bakhtiar, Faisal Azmi. (2017). Hakikat Mata Pelajaran
Matematika. https://azmi648.blogspot.c om/2017/02/hakikat- mata-pelajaran- matematika.html
Berita Hari Ini. (2021). Pengertian Komunikasi Berdasarkan Pendapa Para Ahli. https://kumparan.com/berita-hari-ini/pengertian- komunikasi-berdasarkan- pendapat-para-ahli- 1vlCcPCu7SU/full
Dwi, Silvia. (2021). Persamaan Linier Dua Variabel Metode Eliminasi & Substitusi. Zenius. https://www.zenius.net/bl og/persamaan-linear- 2substitusi-eliminasi.
E-Kelas SMPN 3 Mojogedang. (2021). Rangkuman Materi Statistika SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013https://ekelas.smpn3 mojogedang.sch.id/2021/0 4/rangkuman-materi- statistika-smpmts.html
Educhannel. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis. Bali.https://educhannel.id/
blog/artikel/kemampuan- komunikasi-matematis.html
Hanipa, Akbar., Veny Tryana Andika Sari. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Pada Siswa KelasVIII MTs Di Kabupaten Bandung Barat. Journal On Education, 1(2), 15-22.
Jebarus, Paskalis., I Ketut Suatika., Nur Farida. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Gaya Kognitif Kelas VIII SMP Negeri 1 Welak Kabupaten Manggarai Barat. Jurnal Terapan Sains & Teknologi , 3(2), 2021.
Lase, Yaminiati. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Terkait Materi Persamaan Linier Dua Variabel Khususnya Dalam Soal Cerita. Medan. file:///D:/Semester%205/P enelitian%20pendidikan/tu gas%20mencari%20atikel/ STUDILITERATUR_METOPE L_YAMINIATILASE_PSPMB2018.pdf
Matematika. (2022). https://id.wikipedia.org/wi ki/Matematika
Monica, Agnes., Muhammad Sadli., Nola Curex. (2017). Gaya Kognitif.Makassar. https://www.academia.edu/24590476/Gaya_Kognitif
Mudayanah. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Cerits Bangun Datar Di SD Islam Al Gaffar Dau Malang.
Rohkhana, Siti. (2021). Matematika VIII. Modul Pengayaan. 55-57.
Sereliciouz. (2021). Kognitif – Pengertian, Fungsi, Teori Belajar, Perkembangan. Quipper Blog https://www.quipper.com/ id/blog/info-guru/kognitif.
Siadari, Coki. (2015). Pengertian Kemampuan (Ability) Menurut Para Ahli.https://www.kumpula npengertian.com/2015/04/ pengertian-kemampuan- ability-menurut.html
Yuliana, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Kriteria Watson Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Pada Siswa Kelas VIII MTs Pattuku. Makassar. file:///D:/Semester%205/P enelitian%20pendidikan/tu gas%20mencari%20atikel/ 17897-Full_Text.pdf
Zamzam, Kenys Fadhilah dan Orvinus Ndilu Hamandika. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Core (Connecting,Organizing, Extending, dan Reflecting) Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 4(2).