PROGRAM KAMPUS MENGAJAR SISWA SMP : IDENTIFIKASI DISKALKULIA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1465Keywords:
Identifikasi, Diskalkulia, Kampus MengajarAbstract
Penelitian yang dilaksanakan di SMPN 7 Tanggul ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif deskriptif, penelitian yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami oleh beberapa siswa yang teridentifikasi masih belum lancar melakukan operasi hitung. Pada penelitian ini peneliti menggunakan subjek penelitian 6 siswa yaitu 2 siswa kelas VII dan 4 siswa kelas VIII dengan identifikasi siswa yang masih belum lancar dalam berhitung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan mengadakan tes numerasi dengan 10 butir soal yang didalamnya mencakup operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Hasil dari penelitian ini yaitu beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam membedakan symbol – symbol matematika seperti tanda “-“,”+”,””, “” sehingga beberapa siswa masih salah dalam menjawab soal yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMPN 7 Tanggul, dapat disimpulkan bahwa terdapat 6 siswa yang teridentifikasi masih mengalami kesulitan dalam mengoperasikan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
Downloads
References
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal ashri Publishing.
Hasanah, H. (2016). Teknik - Teknik Observasi. Jurnal at-Taqaddum, 21- 46.
Lia Kusuma Jati, d. (2020). Upaya Meminimalisasi Diskalkulia Pada Siswa Kelas 7g Di Smp Negri 2 Kartasura. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 149-155.
Lidwina, S. (2012). Diseleksia Berpengaruh Pada Kemampuan Membaca Dan Menulis. Jurnal STIE Semarang, 9-18.
Lutfiyah, D. N. (2020). Analisis Kemampuan Dasar Matematika Upaya Meningkatkan Kualitas Mahasiswa Baru FPMIPA. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 74 - 83.
Mudjia, R. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 1 - 4.
Nugrahani, f. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: -.
Nugroho, n. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar Pada Siswa SMP Kelas VII. Journal On Education, 323-334.
Ria Mutiani, S. (2020). Diagnosa Diskalkulia Generasi Alpha: Masalah dan Perkembangannya. EDUMASPUL, 104 - 112.
Rika Amelia, D. M. (2022). Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Pada Siswa Kelas IV SDN 84 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1430-1441.
Septy Nurfadhillah, d. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Membaca (Disleksia) Dan Kesulitan Belajar Menulis (Disgrafia) Siswa Kelas I SDN Tanah Tinggi 3 Tangerang. MASALIQ Jurnal Pendidikan Dan Sains, 114-122.
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi. Jurnal Basicedu, 916 - 924.
Silvia Muchlis, D. Z. (2014). Meningkatkan Pemahaman Tanda Baca dalam Menulis Melalui Media CD Interaktif Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 270 - 276.
Sudarsono, B. (2017). Memahami Dokumentasi. Arcaya Pustaka, 47-65.
Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan Belajar. Magistra, 33 - 47.
Welhem Mine Wadu, S. I. (2022). Identifikasi Jenis Diskalkulia dari Sudut Pandang Neurosains pada Salah Satu Siswa Kelas VIIIA SMPK Santo Paulus Karuni berdasarkan Hasil Tes Siswa dan Upaya Mengatasinya. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika , 181 - 186.